7 Penyebab Perempuan Sulit Orgasme, Masalah Fisik hingga Psikis

CNN Indonesia
Senin, 06 Dec 2021 21:48 WIB
Beberapa hal bisa jadi penyebab perempuan sulit orgasme, baik itu masalah fisik maupun psikis. Ilustrasi. Beberapa hal bisa jadi penyebab perempuan sulit orgasme, baik itu masalah fisik maupun psikis. (Istockphoto/ Nd3000)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya perempuan lebih sulit mengalami orgasme saat berhubungan intim. Bahkan ada sebagian perempuan tidak bisa mencapai kenikmatan seksual.

Ada beberapa penyebab perempuan sulit orgasme. Penyebab itu dibedakan menjadi dua jenis masalah orgasme, primer dan sekunder.

Masalah orgasme primer terjadi saat seseorang tidak pernah mengalami orgasme selama aktif secara seksual. Sedangkan masalah orgasme sekunder terjadi saat seseorang tak lagi bisa orgasme.


Alasan Perempuan Sulit Orgasme

I love you more than you could ever imagineIlustrasi. Ada beberapa hal yang jadi penyebab perempuan sulit orgasme. (istockphoto/PeopleImages)

National Health Service (NHS) mencatat beberapa alasan yang membuat perempuan sulit orgasme. Alasan itu terjadi akibat faktor fisik maupun psikis.

Berikut selengkapnya.

1. Masalah kesehatan fisik

Kesehatan fisik bisa menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi orgasme. Misalnya saja masalah seperti nyeri yang disebabkan arthritis, sklerosis, dan gangguan pada jantung.

2. Konsumsi alkohol

Terlalu banyak konsumsi alkohol juga menjadi salah satu penyebab perempuan sulit orgasme. Asupan alkohol dapat memengaruhi aliran darah menuju klitoris.

Pada kebanyakan perempuan, klitoris menjadi bagian yang paling membutuhkan rangsangan. Aliran darah yang terhambat dapat membuat orgasme jadi lebih sulit dicapai.

3. Kurang komunikasi

Pasangan yang sulit berkomunikasi dapat menjadi pemicu sulitnya orgasme. Komunikasi menjadi kunci yang penting dalam hubungan seksual, termasuk orgasme.

Jika ingin mencapai puncak kenikmatan saat berhubungan intim, maka komunikasikan dengan pasangan. Sampaikan apa yang Anda harapkan dengan bicara mengenai bagian tubuh mana saja yang paling ampuh memicu orgasme.

4. Tidak tahu bagian yang tepat

Tak mengenal diri sendiri menjadi salah satu kendala perempuan saat ingin mencapai klimaks dalam bercinta. Banyak perempuan yang tak tahu titik-titik sensual tubuhnya.

Setiap perempuan pasti memiliki titik tertentu yang berbeda satu sama lain untuk bisa orgasme. Saling mengeksplorasi bersama pasangan bisa jadi salah satu cara untuk mengetahui bagian tubuh yang tepat.

5. Perubahan hormon

ilustrasi Bercinta, ilustrasi Hubungan Badan, ilustrasi Berhubungan Badan, ilustrasi Berhubungan Sex, ilustrasi Berhubungan Seks, ilustrasi Making Love, ilustrasi ML, ilustrasi Sex, ilustrasi SeksIlustrasi. Perubahan hormon jadi salah satu penyebab perempuan sulit orgasme. (iStockphoto)

Adanya perubahan hormon seperti menopause atau konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menghambat orgasme.

6. Kurang percaya diri

Dikutip dari The Independent, terapis seks Kate Moyle mengungkapkan bahwa rasa percaya diri dan pikiran negatif dapat mencegah seseorang melepaskan dan membiarkan sensasi fisik yang didapatkan saat berhubungan seksual dengan pasangan.

Tidak merasa nyaman dan kurang percaya diri menjadi faktor psikologis yang membuat perempuan tak bisa mencapai klimaks.

7. Gangguan mental

Kecemasan, gangguan suasana hati dan depresi bisa menjadi penyebab perempuan sulit orgasme. Gangguan mental ini dapat mengurangi kemampuan seseorang dalam mencapai klimaks.

(auz/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER