4 Tips Padu Padan Modest Wear, Agar Warna Pastel Tak Tampak 'Flat'

tim | CNN Indonesia
Jumat, 03 Dec 2021 11:25 WIB
Tantangan memakai busana tertutup atau modest wear adalah dianggap tidak praktis sebab busana harus berlapis. Lalu, bagaimana menyiasatinya? Simak tips berikut. Ilustrasi. Tantangan memakai busana tertutup atau modest wear adalah dianggap tidak praktis sebab busana harus berlapis. Lalu, bagaimana menyiasatinya? Simak tips berikut. (Dok. Uniqlo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Busana sopan dan tertutup alias modest wear tidak hanya dikenakan kaum Muslimah. Siapa pun bisa saja berbusana tertutup mulai dari long dress berlengan, tunik dan celana panjang, kemudian ditambah kerudung jika memang berhijab.

Akan tetapi tantangannya, modest wear kerap dianggap tidak praktis sebab busana harus berlapis. Belum lagi dengan padu padan warna maupun motifnya.

Terlalu banyak motif atau aksen pada busana tentu membuat tampilan jadi sangat 'berat'. Lalu, bagaimana agar modest wear tetap terlihat 'chic' dan modis?


1. Pemilihan bahan

Modest wear biasanya memiliki potongan longgar dan serba panjang misalnya kemeja lengan panjang, celana palazzo yang longgar, atau rok A-line sepanjang tungkai.

Melihat kondisi iklim di Indonesia yang tropis, busana serba panjang seperti ini tentu membuat tubuh makin gerah.

Untuk menyiasatinya, sebaiknya pilih busana dari bahan katun, linen, chambray, rayon atau busana dari serat-serat alami. Bahan-bahan ini mampu membuat kulit 'bernapas' lebih baik.

2. Pilihan motif sesuai dengan warna utama

Anda ingin block color atau serba motif? Sebenarnya Anda bisa mengawinkan keduanya. Strategi ini digunakan jika Anda ingin bermain 'aman' dan tidak ingin terlalu ramai dengan motif.

Desainer Ria Miranda menyarankan dalam satu look, ada satu piece busana dengan motif misal cukup atasan atau bawahan. Warna atau tone motif disesuaikan dengan warna utama atau satu piece busana dengan warna blok.

3. Pilihan warna pastel anti flat

Belakangan warna pastel banyak digemari karena bisa dikenakan dalam berbagai situasi baik santai maupun formal. Namun Ria mengakui warna pastel kerap membuat pemakainya tampil 'flat' atau datar tanpa aksen yang menonjol.

"Kabar baiknya, warna-warna pastel ketika dipadu padan, motif ketemu motif, itu sah-sah saja," ujar Ria di sela Annual Show ke-9 di Hotel InterContinental, Jakarta Selatan, Kamis (2/12).

Dia memberikan catatan, padu padan motif ini sebaiknya memiliki satu tone warna yang sama.

4. Kerudung vibrant

Bagaimana dengan kerudung? Buat mereka yang berhijab, tentu pertimbangan padu padan akan memperhatikan pilihan kerudung. Saat busana sudah 'full print' atau ada aksen motif, sebaiknya pilih kerudung warna polos. Agar lebih menonjol, pilih kerudung dengan warna terang atau vibrant di antara busana berwarna pastel.

Kemudian untuk pilihan warna yang terbilang aman, Anda bisa mengenakan warna yang lebih tua dari pilihan warna pastel pada busana. Sebagai contoh, saat busana berwarna cokelat kemudian kerudung berwarna kuning kunyit (yellow turmeric).

(els/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER