Finalis Puteri Indonesia Minta Maaf soal Video Rasis di Bandara

tim | CNN Indonesia
Rabu, 08 Dec 2021 13:13 WIB
Dunia maya dihebohkan dengan video rasis Puteri Indonesia. Berikut permintaan maaf finalis Puteri Indonesia Olvah Alhamid setelah bersikap rasial di bandara. Dunia maya dihebohkan dengan video rasis Puteri Indonesia. Berikut permintaan maaf finalis Puteri Indonesia Olvah Alhamid setelah bersikap rasial di bandara. (Tangkapan Layar Instagram/@olvaholvah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Baru-baru ini, dunia maya dihebohkan dengan video rasis Puteri Indonesia. Dalam video yang tersebar, wanita yang diketahui finalis Puteri Indonesia 2015, Olvah Bwefar Alhamid mengutarakan kalimat bernada rasial kepada sejumlah orang di bandara.

"Nih orang-orang ini, orang China semuah nih. Mereka takut loh, takut sama kita. Padahal mereka yang bawa penyakit ke Indonesia. Hey China China! EH! Huhahu!" ucapnya dalam potongan video yang beredar di media sosial.

Atas ucapannya tersebut, Olvah menyampaikan klarifikasi dan permintaan maafnya melalui unggahan video di Instagram pada Selasa (8/12) malam.


"Di sini saya hanya ingin mengklarifikasi, mungkin teman-teman sudah melihat video viral, yang tentang saya di Bandara Soekarno-Hatta. Dan saya ingin meminta maaf sebesar-besarnya, sedalam-dalamnya terhadap apa yang saya bilang dalam video itu," kata Olvah.

"Yang seharusnya saya tidak saya lakukan. Apapun penjelasan saya di sini tidak membenarkan sikap saya saat itu."

Olvah kemudian menceritakan pengalamannya ketika menjadi korban perlakuan tidak menyenangkan dari ras tertentu. Ia mengklaim pernah diludahi oleh beberapa oknum.

"Hanya saja memang di masa lalu saya sering mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan yang menimbulkan luka mendalam terhadap saya. Terutama dari ras-ras tertentu dari Indonesia. Khususnya ras China," katanya lebih lanjut.

Kendati demikian, netizen tetap mengecam sikap dan perlakuan Olvah yang dinilai bertolakbelakang dengan kampanye yang ia gaungkan untuk stop rasialisme dan diskriminasi.

"Jujur ya, gue kecewa banget sama Olvah Bwefar ini. Kok bisa sih jadi Putri Indonesia? 'Mereka yang bawa penyakit ke Indonesia. Hey Cina-Cina! EH! Huhahu!' RASIS BANGET," tulis seorang netizen.

"Ngaku-ngaku pejuang rasis, bicara rasis nomor satu. Sekarang rasis ke orang lain. Katanya pejuang rasis, kata-katain orang Papua rasis, tapi Olvah sendiri rasis. Finalis putri Indonesia pula," tambah lainnya.

Baca klarifikasi lengkap soal video rasis Puteri Indonesia di halaman berikut.

Berikut klarifikasi lengkap mantan finalis Puteri Indonesia Olvah Alhamid.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER