Musim Hujan, Hati-hati Penyakit Akibat Serangan Nyamuk

tim | CNN Indonesia
Rabu, 08 Dec 2021 19:21 WIB
Musim hujan telah tiba. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar Anda tak terserang penyakit, termasuk penyakit yang disebarkan oleh nyamuk. Musim hujan telah tiba. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar Anda tak terserang penyakit, termasuk penyakit yang disebarkan oleh nyamuk.( iStockphoto/Noppharat05081977)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musim hujan telah tiba. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar Anda tak terserang penyakit, termasuk penyakit yang disebarkan oleh nyamuk.

Air hujan yang menggenang bisa berbahaya karena akan menjadi sarang nyamuk berkembang biak. Ada banyak jenis nyamuk yang harus diwaspadai oleh masyarakat di musim hujan, terutama nyamuk malaria dan nyamuk demam berdarah. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan upaya pemberantasan nyamuk seperti malaria dan demam berdarah di musim hujan ini penting dilakukan.

"Bisa dengan melakukan 3M, menutup, mengubur dan mendaur ulang," kata Nadia saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (8/12).


Meski demikian, kegiatan ini menurut dia mestinya tak dilakukan saat musim hujan, melainkan sebelum musim hujan datang. Berbagai barang seperti kaleng bekas, plastik atau apapun yang bisa menyebabkan genangan harus dimusnahkan.

"Lubang-lubang ditutup, karena nyamuk memang suka di tempat-tempat begitu ya untuk bertelur," kata dia.

Bagaimana dengan fogging?

Soal fogging, menurut Nadia ini bisa dilakukan di daerah yang memang sudah terindikasi terkena malaria atau DBD. Fogging bisa dilakukan untuk membunuh nyamuk dan benih-benihnya yang telah berkembang biak di sekitar rumah warga.

"Tapi yang paling penting kesadaran sendiri untuk melakukan 3M dan menjaga kebersihan," kata dia.

Berikut hal-hal yang juga bisa dilakukan untuk menghentikan nyamuk berkembang biak di sekitar rumah saat musim hujan.

1. Hindari genangan air

Jangan menyimpan air di bak atau tempat lain di rumah. Kosongkan bak atau tempat penampungan air yang tidak tertutup agar nyamuk tidak bertelur di genangan tersebut.

2. Gunakan semprotan serangga

Dilansir dari India Today, menggunakan semprotan nyamuk cukup efektif di musim hujan. Ini adalah salah satu cara tercepat menghentikan penyebaran nyamuk di rumah.

3. Perangkap nyamuk

Nyamuk bisa dibunuh dengan perangkap serangga listrik. Perangkap nyamuk menarik, mengendalikan, dan membunuh serangga terbang secara instan. Tegangan listrik yang ada di dalamnya bisa membunuh nyamuk yang masuk perangkap

4. Rutin bersihkan talang air

Membersihkan talang air memang penting dilakukan, terutama saat musim hujan. Jangan sampai ranting dan puing-puing jatuh ke talang hingga menyebabkan genangan. Melakukan pembersihan rutin sangat dianjurkan untuk menjaga talang air hujan tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk saat musim hujan.

5. Tutup tempat sampah luar ruangan

Jangan biarkan tempat sampah di halaman atau belakang rumah terbuka. Jika ini terbuka bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER