Cara Menyimpan Santan Sisa Agar Tidak Cepat Basi

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 11 Des 2021 13:00 WIB
Santan menjadi salah satu bahan masakan yang banyak digunakan untuk berbagai makanan. Berikut cara menyimpan santan agar tidak basi. Santan menjadi salah satu bahan masakan yang banyak digunakan untuk berbagai makanan. Berikut cara menyimpan santan agar tidak basi. (iStockphoto/Fcafotodigital)
Jakarta, CNN Indonesia --

Santan menjadi salah satu bahan masakan yang banyak digunakan untuk berbagai makanan. Mulai dari makanan seperti kolak, opor, hingga rendang membutuhkan santan sebagai bahan bakunya. Berikut cara menyimpan santan agar tidak basi.

Santan merupakan sari dari daging buah kelapa yang diparut. Untuk mendapatkan satu gelas santan memang sedikit merepotkan, tapi saat ini banyak santan kemasan yang dijual di pasaran.

Namun yang sering jadi kendala adalah menyimpan santan sisa mengolah masalah. Sayang jika harus dibuang karena mungkin akan terpakai pada proses masak berikutnya. Lalu, bagaimana cara menyimpan santan agar tak cepat basi?

"Memang sangat sayang kalau dibuang, misal santannya masih banyak. Padahal masih bisa disimpan," kata Chef Rinrin Marinka dalam acara Diskusi Virtual 'Kitchen Cabinet: What's Trending in 2021' pada Kamis (9/12).

Menurut Rinrin, jika menggunakan santan kemasan sebaiknya beli yang berukuran paling kecil. Ini menghindari sisa santan berlebihan yang akhirnya bisa terbuang percuma.

"Karena pada kondisi awal sebelum terbuka, kemasannya kan melindungi jadi bisa awet, tapi kalau sudah terbuka, disimpan di kulkas pun tak akan tahan lama karena sudah terpapar udara," kata dia.

Berikut tips menyimpan santan sisa agar tetap awet dan tidak basi.

1. Simpan di wadah tertutup

Masukan santan yang sudah terbuka ke botol atau wadah yang tertutup dan simpan di kulkas. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, ini bisa membuat santan bertahan 7 hingga 10 hari.

Umumnya, santan yang encer akan lebih cepat rusak, tapi jika santan lebih kental kemungkinan bertahan bisa sampai 10 hari.

Saat proses ini dilakukan, Anda juga harus menyimpan santan jauh dari barang yang berbau tajam seperti ikan, keju, daging, hingga yoghurt karena santan menyerap bau dan rasa makanan lain yang berdekatan dengannya.

2. Bekukan santan

Menurut COOK'S santan sisa bisa dibuat beku agar bertahan lebih lama. Saat Anda mendapati santan yang digunakan bersisa cukup banyak, pindahkan ke tempat bersih atau plastik untuk segera memasukkannya ke lemari es atau freezer.

Saat Anda akan menggunakannya kembali bisa mencairkan santan terlebih dahulu atau di-blender agar teraduk dan tidak pecah saat dimasak.

(tst/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER