11 Ide Permainan Keluarga saat Natal 2021

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 25 Dec 2021 14:40 WIB
Berikut 11 ide permainan keluarga saat Natal 2021 ini bisa Anda coba di rumah dengan memamanfaatkan barang-barang sederhana. Berikut 11 ide permainan keluarga saat Natal 2021 ini bisa Anda coba di rumah dengan memamanfaatkan barang-barang sederhana. (Ilustrasi Foto: jill111/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Natal tinggal menghitung hari. Jika memutuskan merayakannya di rumah, ada sejumlah aktivitas seru yang bisa melibatkan anggota keluarga.

Setidaknya 11 ide permainan keluarga saat Natal 2021 ini bisa Anda coba. Jika kekurangan pemain, ajaklah orang terdekat atau tetangga untuk sama-sama bermain.


Ide Permainan Keluarga saat Natal

Banyak permainan yang bisa Anda lakukan untuk menjalani hari raya Natal 2021. Merujuk CountryLiving, semua bahan untuk games ini sangat sederhana dan tidak perlu membeli.



1. Membuat kolase pohon Natal

Permainan yang satu ini hanya memerlukan kertas HVS, koran atau majalah, gunting, dan lem.

Cara mainnya, buat pola pohon Natal di selembar kertas, lalu hias dengan gambar-gambar atau huruf-huruf yang ada di koran maupun majalah.

Setelah selesai, Anda bisa membungkusnya dengan pigura dan menempatkannya di meja atau dinding rumah.


2. Tebak lagu Natal

ilustrasi menyanyi saat natalIde permainan keluarga saat Natal 2021 tebak lagu (Foto: iStockphoto/vladans)

Siapkan gitar atau piano, lalu mainkan salah satu instrumen lagu Natal. Orang yang benar menebak lagu paling banyak bisa diberi hadiah permen, cokelat, atau makanan ringan lainnya.


3. Bungkus kado Natal

Ajak anak dan pasangan Anda untuk berlomba membungkus kado Natal dalam durasi waktu yang sudah ditentukan.

Setelah selesai, setiap peserta bisa mengulas dan memberi nilai kepada karya orang lain. Setelah itu, berikan kado tersebut kepada kakek atau nenek.


4. Tembak koin

Siapkan bangku panjang di tengah ruangan. Sebagai opsi, Anda bisa menggunakan meja makan. Lalu, setiap 30 sentimeter diberi garis. Di dalam ruang berukuran kecil itu dipasang hadiah dan hukuman secara selang-seling.

Cara memainkannya, cukup menembak koin dengan jari hingga koin tersebut memasuki salah satu ruang di meja.

Jika koin masuk ke kolom hadiah, maka hadiah harus diberikan. Begitupun ketika koin masuk ke kolom hukuman, maka harus bersedia menerima hukumannya.


5. Membuat ludo bertema Natal

Anda bisa menjalani waktu bersama anak di hari Natal dengan membuat kertas ludo. Hias kertas tersebut dengan stiker pohon Natal, lonceng, atau ornamen lainnya.

Adapun pionnya bisa dibuat menyerupai karakter yang erat dengan Natal, seperti boneka salju, rusa, atau Santa Claus.


6. Tic-tac-toe atau SOS

Sama seperti ludo, Anda bisa membuat area permainan silang bulat silang atau yang dikenal juga dengan game SOS bertema Natal. Barang yang diperlukan hanya kertas dan spidol berwarna.

Adapun pion bisa terbuat dari kardus bekas. Anda bisa menghias pion dengan gambar salju, permen, atau yang lainnya.


7. Tebak isi kaus kaki

A close picture of beautifully decorated Santa Christmas socks with ho! ho! ho! word hanging on a fireplace waiting for presentsIde permainan keluarga saat Natal 2021 tebak isi kaus kaki (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Ruslan Salikhov)

Ide permainan keluarga saat Natal 2021 selanjutnya adalah tebak isi kaus kaki. Persiapan untuk membuat permainan ini sangat singkat. Anda hanya perlu mengambil kaus kaki dari lemari, lalu masukkan hadiah kecil ke dalamnya.

Ajak anak-anak maupun teman-temannya untuk menebak isi di dalamnya. Jika benar, berikan hadiah kecil itu kepada mereka.

8. Lemparan cincin boneka rusa

Buatlah boneka rusa dari kardus bekas dengan beberapa cabang tanduk.

Setelah jadi, lemparkan cincin besar yang terbuat dari kardus juga ke tanduk tersebut ke tanduk. Orang yang paling banyak berhasil memasukkannya adalah pemenangnya.


9. Pindahkan ornamen tanpa menyentuh

Aturan bermainnya, dua orang harus memindahkan salah satu barang dari satu sudut ke sudut lainnya tanpa tangan. Gunakan bibir Anda dan pasangan bermain untuk menjepitnya hingga sampai ke titik tujuan.

Jika ornamen itu jatuh, Anda harus mengulanginya. Barang yang bisa digunakan misalnya hiasan bola di pohon Natal atau balon.


10. Menggambar boneka salju

Anda bisa menghabiskan hari dengan menggambar boneka salju. Setelahnya, setiap peserta menjelaskan konsep warna yang dipilihnya. Hal ini juga bisa membuat anak berlatih berbicara di depan banyak orang.


11. Boling boneka salju

Variety of sweet macaroons. Fir branches on a gray background. Merry Christmas card. New year mood.Ide permainan keluarga saat Natal 2021 boling boneka salju (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Malkovstock)

Buatlah beberapa boneka salju dari botol air mineral bekas. Anda bisa menggambarnya bersama keluarga. Lalu, lempar bola bisbol untuk menjatuhkan boneka-boneka tersebut layaknya bermain boling.

Demikian 11 ide permainan keluarga saat Natal 2021 yang seru dan dapat melibatkan semua anggota keluarga.

(nfl/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER