London Punya Hotel Zero Karbon Pertama di Dunia

CNN Indonesia
Rabu, 22 Dec 2021 11:58 WIB
Room2, hotel di Chiswick di London Barat punya pendekatan yang berbeda dan mengklaim diri sebagai hotel zero karbon pertama di dunia. Room2, hotel di Chiswick di London Barat punya pendekatan yang berbeda dan mengklaim diri sebagai hotel zero karbon pertama di dunia. (Courtesy of Room2)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hotel butik dengan gaya yang unik dan khas mungkin terlihat biasa. Seni abstrak di dinding, perabotan yang unik dan tempat tidur yang nyaman buat bermalam.

Hanya saja, Room2, hotel di Chiswick di London Barat punya pendekatan yang berbeda. Mengutip AP, hotel ini punya beberapa kredensial ramah lingkungan yang serius.

Beberapa di antaranya adalah keran kamar mandi yang bisa membatasi pemborosan air, kap lampu dari kaca daur ulang, dan cermin menggunakan kayu lokal, bahkan ada sepeda listrik di depan untuk disewa para tamu.


Hal ini dibangun sebagai tanggapan atas kekhawatiran yang berkembang soal dampak sektor perhotelan terhadap iklim.

Hotel ini bahkan mengklaim diri sebagai hotel zero karbon pertama di dunia. Ini adalah gagasan Robert Godwin yang ingin merevolusi sektor perhotelan dengan memperkenalkan fitur ramah lingkungan.

Karbon nol bersih berarti menghilangkan karbon dioksida sebanyak yang dipancarkannya dari atmosfer.

"Kami memiliki kamar yang sepenuhnya dilengkapi dengan pengambilan data untuk memahami bagaimana tamu menggunakan energi, saya kira, untuk energi yang diambil dari soket, berapa banyak energi yang kami ambil dari peralatan, TV dan kemudian mesin pencuci piring dan sebagainya, bersama dengan memeriksa kualitas udara, memeriksa berapa banyak air panas yang kami gunakan, jadi pada akhirnya kami mempelajari bagaimana tamu menggunakan kamar kami," kata Goodwin.

"Dan seiring berjalannya waktu, kami pada dasarnya dapat membangun gambaran tentang kebiasaan dan perilaku tamu sehingga kami dapat melakukan intervensi dan pada akhirnya melihat apakah itu memiliki pengaruh positif atau negatif pada dasarnya energi yang dikonsumsi dari kamar tidur. Itu memungkinkan kami untuk belajar dan melakukan perbaikan pada bangunan ini dan juga spesifikasi situs kami di masa depan."

Bahkan dalam privasi kamar hotel mereka, sistem mengawasi para tamu. Goodwin menunjukkan tiga sensor inframerah yang memastikan energi tidak terbuang percuma, mematikan lampu dan pemanas saat ruangan kosong.

Hotel ini mengandalkan sumber energinya sendiri untuk sebagian besar kebutuhan listriknya dalam masa operasionalnya.

"Kami memaksimalkan pembangkit energi terbarukan di lokasi sehingga terdiri dari solar di atap dan lubang bor sepanjang 17.200 meter yang turun ke dalam tanah, di bawah tanah untuk mengubah 100 persen kebutuhan pemanas, pendingin, dan air panas kami. Dengan begitu, kami memaksimalkan energi yang dapat kami hasilkan di sini di lokasi dan meminimalkan apa yang perlu kami tarik dari jaringan," kata Goodwin.

Pompa panas sumber tanah ini mengubah 100 persen energi yang dibutuhkan untuk pemanasan, pendinginan, dan air panas, klaim room2.

Dalam cuaca yang lebih hangat, tanah bertindak sebagai penyerap panas dengan mengambil panas dari bangunan. Ini terbalik dalam cuaca yang lebih dingin, ketika tanah bertindak sebagai sumber panas untuk menghangatkan hotel.

Di atap, panel surya menyediakan sekitar 11.190 kWh energi terbarukan di lokasi setiap tahun.

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER