5 Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan

tim | CNN Indonesia
Jumat, 24 Des 2021 10:17 WIB
Ikan tuna mengandung nutrisi tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat ikan tuna untuk kesehatan: Ikan tuna mengandung nutrisi tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat ikan tuna untuk kesehatan:(Foto: istockphoto/fcafotodigital)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ikan tuna adalah salah satu ikan yang banyak hidup di perairan Indonesia. Ikan ini mengandung nutrisi tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, asam lemak omega-3, zat besi, yodium, dan kalium yang terdapat di dalam ikan tuna berkontribusi untuk untuk kesehatan.

Berikut manfaat ikan tuna untuk kesehatan:


1. Kurangi risiko penyakit jantung

Wide angle picture of beautiful young woman sitting on white table at home smiling with hands on chest with closed eyes and grateful gesture on face. Health concept.Manfaat ikan tuna untuk kesehatan salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. (Foto: Istockphoto/AaronAmat)

Ikan tuna merupakan ikan berlemak yang mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Studi menunjukkan konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang menurun.

2. Melindungi mata

Kandungan omega-3 yang terdapat dalam tuna juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Dikutip dari Webmd, studi terhadap 40 ribu perempuan menunjukkan orang yang makan beberapa porsi ikan tuna setiap pekan memiliki risiko 68 persen lebih rendah mengalami mata kering. Asam lemak omega 3-juga baik untuk kesehatan retina

3. Kurangi risiko kanker

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam ikan tuna berperan sebagai anti-inflamasi yang mengurangi peradangan. Anti-inflamasi merupakan zat yang penting untuk mengurangi risiko kanker berkembang dalam tubuh. Pasalnya, banyak kanker dikaitkan dengan peradangan yang yang kronis.

4. Mengurangi berat badan

Tuna merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk diet. Tuna merupakan sumber protein yang rendah kalori. Saat konsumsi tuna, tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Studi pada orang yang konsumsi tuna secara rutin menunjukkan penurunan berat badan dibandingkan yang tidak.

5. Menjaga kesehatan tulang

Tuna mengandung sumber vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan daya tahan tubuh. Konsumsi ikan tuna membantu mencegah berbagai penyakit tulang.

Itulah manfaat ikan tuna untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat ini, masukkan tuna dalam menu harian Anda. Kombinasikan dengan makanan lain yang juga bernutrisi tinggi.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER