5 Hal yang Perlu Dipersiapkan saat Anak Masuk Sekolah, Cegah Omicron

tim | CNN Indonesia
Senin, 03 Jan 2022 07:03 WIB
Terdapat sejumlah persiapan yang bisa dilakukan orang tua saat anak masuk sekolah untuk mencegah Covid-19, terutama varian Omicron. Terdapat sejumlah persiapan yang bisa dilakukan orang tua saat anak masuk sekolah untuk mencegah Covid-19, terutama varian Omicron.(Foto: AP/Dita Alangkara)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan kapasitas 100 persen di seluruh sekolah mulai Senin (3/1). Terdapat sejumlah persiapan yang bisa dilakukan orang tua saat anak masuk sekolah untuk mencegah Covid-19, terutama varian Omicron yang sedang meningkat.

Persiapan ini penting agar anak tetap aman dan waspada saat sekolah tatap muka berlangsung. Berikut 5 hal yang perlu dipersiapkan saat anak masuk sekolah:

1. Vaksin Covid-19

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan setiap anak yang masuk sekolah untuk vaksin Covid-19 lengkap dua dosis. Studi menunjukkan vaksin Covid-19 efektif mencegah penularan dan mengurangi risiko sakit parah. Oleh karena itu, orang tua mesti membantu anak untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19.


2. Stok masker

Protective face mask or medical mask. Medical protective shielding bandage. Protect Coronavirus and pm 2.5 mask.Masker adalah salah satu hal yang perlu dipersiapkan orang tua saat anak masuk sekolah untuk  mencegah Covid-19 terutama  Omicron. (Foto: Istockphoto/spukkato)

Pastikan anak berangkat sekolah dengan menggunakan masker dengan benar. Ingatkan pada anak bahwa masker harus selalu dikenakan.

Bekali pula anak dengan 2-3 stok masker. Beri tahu anak agar masker diganti setiap 4 jam sekali atau jika sudah basah. Penggunaan masker yang benar dapat mengurangi risiko penularan Covid-19.

3. Hand sanitizer

Berikan anak hand sanitizer yang mudah digunakan. Pilih bentuk yang menarik agar anak bersemangat menggunakannya. Ingatkan anak untuk rutin menggunakan hand sanitizer terutama saat tidak ada air untuk mencutc tangan.

4. Camilan dan bekal makan siang

Pemerintah menerapkan aturan PTM berlangsung paling lama 6 jam pelajaran setiap hari. Bekali pula anak dengan camilan dan makan berat. Membawa makanan dari rumah dapat mengurangi risiko anak terpapar Covid-19 saat membeli makanan dari luar. Pastikan bekal memenuhi nutrisi gizi yang seimbang agar anak memiliki imunitas yang kuat.

Selain makanan, persiapkan pula botol air minum yang sudah diisi penuh. Menggunakan perlengkapan pribadi dapat mencegah penularan Covid-19.

5. Perlengkapan pribadi

Pastikan anak membawa perlengkapan pribadi seperti alat tulis dan kebutuhan lain untuk sekolah. Hal ini dapat mencegah penggunaan bersama yang dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19.

Selain bekal ini, selalu periksa kondisi kesehatan anak setiap hari. Jika anak memiliki gejala segera lakukan tes Covid-19 dan periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan orang tua saat anak masuk sekolah untuk mencegah Covid-19, terutama varian Omicron.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER