7 Ide Dekorasi Kamar yang Sederhana Ramah di Kantong

CNN Indonesia
Minggu, 09 Jan 2022 14:30 WIB
Berikut 7 ide dekorasi kamar yang sederhana namun tetap menawan yang bisa Anda terapkan di rumah tanpa perlu menghabiskan banyak biaya. Berikut 7 ide dekorasi kamar yang sederhana namun tetap menawan yang bisa Anda terapkan di rumah tanpa perlu menghabiskan banyak biaya. (Ilustrasi Foto: iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Siapa bilang menghias kamar tidur selalu menguras kantong? Berikut ini ada ide dekorasi kamar yang sederhana namun tetap menawan yang bisa Anda terapkan di rumah.

Tentunya, bajet dekorasi kamar sederhana masih ramah di dompet Anda. Kunci kamar tidur sederhana adalah tetap membuat Anda nyaman sehingga kualitas istirahat tetap terjaga.

Keuntungan dekorasi kamar yang sederhana lainnya ada perawatan mudah. Sebab, kita tidak membutuhkan banyak pernak-pernik kamar tidur dengan perawatan tinggi yang membutuhkan investasi waktu dan tenaga untuk membersihkannya.


1. Pasang wallpaper

Wallpaper dinding adalah pilihan utama untuk dekorasi yang sederhana. Tema wallpaper dinding sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan pribadi serta selera penghuninya.

Proses pemasangannya pun terbilang mudah karena tidak membutuhkan banyak tenaga. Bila bosan dengan tampilannya, Anda bisa menggantinya dengan motif baru.

Selain itu, wallpaper dinding mudah didapatkan baik di toko dekorasi terdekat maupun online. Harganya pun terbilang dapat dijangkau kantong.


2. Pilih ranjang pendek

ilustrasi kamar tidur:Dekorasi kamar yang sederhana dengan menggunakan ranjang pendek (Foto: iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz)

Mengutip Livspace.com, low-height bed atau ranjang pendek tanpa kaki adalah ide out of the box untuk desain kamar tidur sederhana.

Untuk menopang kasur agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai, Anda bisa memanfaatkan papan kayu yang disusun sebagai ranjang.

Jika biasanya ranjang tempat tidur tingginya sejajar dengan kaki, maka ranjang kayu ini ukurannya lebih pendek. Ide ini bisa dikombinasikan dengan tema rustic yang hangat dan natural karena memiliki unsur ranjang dari kayu.

3. Gunakan lantai vinyl

Jika Anda ingin membiarkan dinding kamar minimalis, maka dekorasi lantai bisa menjadi alternatif menghias kamar. Salah satu dekorasi lantai menjadi tren saat ini lantai vinyl.

Mengutip Archify.com, lantai vinyl merupakan penutup lantai berbahan dasar PVC yang elastis dan fleksibel sehingga memberikan kenyamanan bagi kaki Anda. Keunggulan lantai vinyl sendiri yaitu tahan air, tahan panas, tahan gores, dan anti rayap.

Lantai vinyl mempunyai motif kayu menyerupai parket kayu maupun ubin kayu, sehingga yang memberikan kesan natural dalam ruangan. Saat ini, lantai vinyl dapat dipesan melalui marketplace dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, pemasangan dan perawatannya pun sangat mudah. Pemilik rumah hanya perlu menyapu dan sesekali mengepel untuk memastikan lantai tersebut selalu bersih, aman, dan nyaman.


4. Jendela lebar

ilustrasi buka jendelaDekorasi kamar sederhana dengan memanfaatkan jendela yang besar (Foto: iStockphoto/PeopleImages)

Cahaya alami yang berasal dari jendela lebar adalah dekorasi kamar yang sederhana sekaligus natural. Pilih model jendela kamar yang memiliki kisi-kisi minimal dan bingkai jendela memenuhi hampir seluruh dinding kamar tidur Anda

Tambah cahaya matahari yang masuk ke kamar tidur Anda dengan memasang ujung tirai di langit-langit atap kamar tidur.

Pilihan dekorasi ini tidak hanya menerangi ruangan, tetapi juga menciptakan ilusi kamar tidur yang lebih luas. Dengan kehadiran jendela lebar, Anda seolah tidak perlu dekorasi lainnya karena kamar Anda terang secara alami.


5. Taruh cermin besar

Masih terkait ilusi visual, Goodhousekeeping.com menyarankan Anda untuk menempatkan cermin besar di dalam kamar tidur. Cermin membuat ruangan terlihat lebih besar dengan memantulkan cahaya.

Saat ini, banyak tersedia cermin dalam ukuran besar bahkan setinggi badan manusia di toko dekorasi maupun marketplace. Selain membuat kamar menawan, cermin pastinya berfungsi untuk memastikan penampilan Anda tetap rapi sebelum beraktivitas di luar rumah.


6. Tempatkan tanaman

Tanaman Hias Philodendron BillietiaeDekorasi kamar yang sederhana dengan meletakkan tanaman hias di sudut ruangan (Foto: iStockphoto/Phubes Juwattana)

Tak hanya di luar ruangan, membawa tanaman maupun bunga segar ke kamar tidur akan memberikan nuansa menyegarkan. Tentunya, tetap dalam jumlah yang wajar.

Tanaman yang tengah marak untuk menghias ruangan adalah lidah mertua. Anda bisa menempatkan lidah mertua di pot putih minimalis pada pojok ruangan atau samping meja tempat tidur.

Apabila Anda kurang senang membawa tanaman hidup dalam kamar, bunga kering bisa menjadi alternatif pilihan. Pilih seikat bunga kering lalu tempatkan dalam vas bunga putih di meja rias.


7. Galeri dinding

Menempatkan sejumlah foto pada frame kayu di dinding kamar merupakan pilihan cerdas dekorasi sederhana. Pilih warna frame kayu yang sesuai dengan cat kamar Anda.

Tak hanya satu, Anda bisa menempatkan sejumlah frame foto sehingga membentuk sebuah galeri dinding. Selain menjadi hiasan, galeri dinding ini membantu Anda mengingat momen indah bersama keluarga.

Saat ini, tersedia banyak pilihan frame untuk galeri dinding baik di toko dekorasi maupun marketplace. Harganya pun cenderung terjangkau.

Ketujuh dekorasi kamar yang sederhana tersebut dapat dicoba di rumah Anda. Dengan bajet yang minim, Anda tetap bisa menciptakan kamar tidur yang indah sekaligus nyaman.

(ulf)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER