Jurusan Ilmu Komunikasi: Hal-hal yang Dipelajari dan Prospek Kerja

CNN Indonesia
Kamis, 06 Jan 2022 14:53 WIB
Jurusan ilmu komunikasi masih menjadi salah satu program studi favorit calon mahasiswa baru. Ilustrasi. Jurusan ilmu komunikasi masih menjadi salah satu program studi favorit calon mahasiswa baru. (iStockphoto/izusek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jurusan ilmu komunikasi masih jadi salah satu program studi (prodi) favorit. Setiap tahunnya, prodi satu ini kerap dibanjiri calon mahasiswa baru.

Wajar saja, prodi ilmu komunikasi kini dipandang menjanjikan masa depan cerah. Berbagai peluang kerja terbuka lebar untuk lulusan ilmu komunikasi.

Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi?

Teacher Rania Koukli prepares to record lessons that are broadcast on public television, at an elementary school in Athens, Wednesday, Nov. 18, 2020. Most other European countries have vowed to keep schools open, but the pandemic has hit Greece hard for the first time in recent weeks following a successful lockdown in the spring, overwhelming hospitals in parts of the country. State television is making and broadcasting lessons, while teachers sit in empty classrooms talking to remote students. Despite some problems, they say it keeps children in touch with their schools. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)Ilustrasi. Jurusan ilmu komunikasi masih menjadi program studi favorit hingga saat ini. (AP/Thanassis Stavrakis)

Pada dasarnya, ilmu komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator (pemberi pesan) ke komunikan (penerima pesan). Penyampaian pesan biasanya dilakukan melalui berbagai medium.


Pancaindera merupakan medium komunikasi yang paling mendasar. Namun, di ranah yang lebih luas, medium komunikasi bisa sangat beragam, mulai dari media massa, produk iklan, film, hingga media sosial. Ini-lah yang kelak dipelajari di prodi ilmu komunikasi.

Sebagaimana diketahui, komunikasi menjadi salah satu hal dasar di tengah kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, apa yang dipelajari di dalam prodi ilmu komunikasi sangat-lah luas.

Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di antaranya komunikasi organisasi, komunikasi massa, komunikasi lintas budaya, komunikasi politik, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, mahasiswa juga akan belajar mengembangkan keahlian-keahlian lain seperti retorika (public speaking), membuat berbagai jenis karya tulis, fotografi, desain grafis, videografi, mengelola sebuah acara, merancang program televisi, hingga membuat karya video berupa film pendek. Tak heran jika kebanyakan lulusan jurusan ilmu komunikasi umumnya memiliki banyak skill yang bisa digunakan di dunia kerja kelak.

Ilmu komunikasi juga menjadi induk dari sejumlah peminatan yang lebih spesifik. Mahasiswa umumnya akan diminta untuk memilih peminatan dan mempelajari hal-hal yang lebih spesifik pada tahun kedua hingga seterusnya.

Female reporter at press conference, writing notes, holding microphoneIlustrasi. Jurusan ilmu komunikasi juga dianggap menjanjikan masa depan cerah. (iStockphoto/Mihajlo Maricic)

Adapun peminatan yang ditawarkan akan berbeda pada masing-masing kampus. Namun, umumnya peminatan terbagi menjadi beberapa, di antaranya:

- Hubungan masyarakat (Humas)
- Manajemen komunikasi
- Jurnalistik
- Periklanan
- Broadcasting
- Pertelevisian

Dengan berbagai jenis peminatan di atas, tak heran jika mahasiswa kelak akan lebih banyak mengikuti kuliah praktik lapangan dibandingkan teori. Mulai dari belajar memproduksi program televisi, membuat majalah, merancang sebuah acara, memproduksi berita, dan masih banyak lagi.

Meski melelahkan, namun hal ini justru menjadi daya tarik sendiri dari ilmu komunikasi.

Simak selengkapnya mengenai jurusan ilmu komunikasi di halaman berikutnya..

Jurusan Ilmu Komunikasi: Hal-hal yang Dipelajari dan Prospek Kerja

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER