5 Universitas yang Buka Jalur Influencer, Simak Syaratnya

CNN Indonesia
Sabtu, 08 Jan 2022 17:00 WIB
Selain karena jalur prestasi, beberapa universitas juga membuka jalur penerimaan mahasiswa melalui jalur influencer. Selain karena jalur prestasi, beberapa universitas juga membuka jalur penerimaan mahasiswa melalui jalur influencer. ( iStockphoto/1001nights)
Jakarta, CNN Indonesia --

Melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas bisa menjadi impian hampir semua orang, terutama para siswa di bangku terakhir SMA. Memiliki ijazah dari kampus juga dianggap lebih mudah mencari pekerjaan, apalagi di bangku kuliah Anda juga bisa memilih jurusan yang ingin dipelajari demi mengasah minat dan bakat.

Sebelum resmi menjadi mahasiswa Anda tentu harus mendaftar terlebih dulu ke kampus tujuan. Ada beberapa jalur penerimaan yang dikenal masyarakat, misal jalur penerimaan tes tulis, jalur penerimaan berdasarkan nilai sekolah, dan jalur penerimaan berdasar pada prestasi.

Biasanya berbarengan dengan tes masuk ini, kampus juga menawarkan berbagai beasiswa, mulai dari keringanan biaya masuk, biaya semester hingga kuliah gratis hingga lulus.


Menariknya, beberapa kampus saat ini mulai menawarkan pendaftaran kuliah melalui jalur influencer. Seiring berkembangnya teknologi dan media sosial serta makin menjamurnya influencer di Indonesia, pihak kampus mulai ambil peran dengan memasukkan influencer sebagai salah satu jalur mendaftar ke kampus mereka.

Berikut beberapa kampus yang menawarkan jalur influencer sebagai syarat masuk calon mahasiswanya

1. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur atau UMKT

Dilansir dari website resmi kampus tersebut, PBI UMKT, jalur pendaftaran ini telah dibuka sejak 13 Januari 2021 lalu. Pihak kampus beralasan pembukaan ini untuk mengakomodasi para content creator agar konten bisa lebih positif.

2. Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Melansir dari website resmi Unisa Yogya, pendaftaran melalui jalur influencer ini masuk dalam kategori gelombang khusus, setara dengan hafidz dan prestasi. Selain itu, mereka juga menyediakan beasiswa dari jalur influencer

3. Universitas Pekalongan

Di website resmi mereka, pendaftaran melalui jalur influencer ini sudah dilakukan Unikal sejak Mei 2020 lalu.

4. STIAMI

Para influencer yang masuk melalui jalur ini bebas biaya pendaftaran dan hanya akan dibebankan biaya kuliah sebesar 50 persen dari total keseluruhan yang harus dibayar.

5. Universitas Muhammadiyah Malang

Pembukaan penerimaan di jalur ini diklaim sebagai bentuk apresiasi bagi anak muda yang sudah berkarya sejak dini.

Itulah beberapa kampus yang diketahui mulai membuka jalur pendaftaran kuliah melalui jalur influencer. Beberapa syarat juga dicantumkan agar para influencer yang mendaftar bisa mempersiapkan berkas yang diperlukan.

Berikut rata-rata persyaratan jalur influencer sebagai tes masuk ke kampus.

1. Memiliki semangat sebagai konten kreator baik melalui Instagram, Twitter, Tik Tok, hingga YouTube.

2. Memiliki konten yang edukatif dan positif.

3. Subscriber minimal 3.000 hingga 5.000 untuk YouTube, sementara konten kreator dari Instagram, twitter atau Tiktok minimal 8.000 hingga 10.0000 pengikut.

4. Media sosial akan dicek untuk dilakukan verifikasi.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER