Mengenal Perbedaan BB Cream dan Foundation

tim | CNN Indonesia
Minggu, 16 Jan 2022 17:12 WIB
Meski keduanya sama-sama produk kosmetik dan sering dianggap memiliki fungsi yang serupa, berikut perbedaan BB Cream dan Foundation. Meski keduanya sama-sama produk kosmetik dan sering dianggap memiliki fungsi yang serupa, berikut perbedaan BB Cream dan Foundation. (Foto: iStockphoto/webphotographeer)
Jakarta, CNN Indonesia --

BB cream dan foundation termasuk rangkaian makeup yang berfungsi sebagai base untuk menutupi dan meratakan warna serta tekstur kulit.

Meski keduanya sama-sama produk kosmetik dan sering dianggap memiliki fungsi yang serupa, perbedaan BB cream dan foundation tentu ada.

Tak hanya itu, dari cara pemakaian, tekstur, sampai formula juga berbeda. Supaya BB Cream dan foundation digunakan sesuai keperluan, berikut penjelasannya.


Apa itu BB Cream?

BB Cream atau beauty balm adalah krim kecantikan yang umumnya mengandung pelembap, tabir surya, alas bedak dan primer, untuk memberi perlindungan sekaligus meratakan warna kulit.

Produk BB Cream bisa dikatakan sebagai pendatang baru di dunia makeup. Meski begitu, konsep blemish atau beauty balm ini sudah tercipta sejak 1950-an.

Menurut sejarah, penggagas BB Cream berasal dari seorang dermatolog asal Jerman yakni dr. Christine Schrammek yang menangani pasien dengan perawatan pengelupasan kulit wajah.

Blemish balm cream itu ia berikan untuk memperhalus sekaligus melindungi kulit. Tak sampai di situ, krim tersebut justru efektif menyamarkan flek hitam dan kemerahan pada wajah yang hadir dengan tekstur ringan.

Apa itu Foundation?

Sesuai dengan namanya, foundation adalah alas bedak dan sering digunakan sebagai fondasi sebelum menggunakan riasan pada wajah.

Foundation sudah lebih dulu digunakan sejak zaman Yunani dan Mesir Kuno atau sebelum Masehi. Saat itu, bahan utama foundation terbuat dari bubuk timbal serta kapur putih.

Kegunaan foundation diciptakan untuk menyempurnakan tampilan kulit wajah sehingga terlihat mulus, cerah, dan tahan lama.

Saat ini sudah banyak inovasi terkait formula foundation dirancang berbeda-beda. Mulai dari cair, krim, powder, liquid, atau water-base.


Perbedaan BB Cream dan Foundation

Concealer is a type of cosmetic that is used to mask dark circles, age spots, large pores etc.Perbedaan BB cream dan foundation dari segi tekstur, coverage, hingga formulanya (Ilustrasi Foto: iStockphoto)

Mengetahui perbedaan BB Cream dan Foundation bagi orang awam dengan makeup mungkin sedikit sulit. Akan tetapi, sebenarnya cukup mudah. Berikut informasinya.

1. Tekstur

Dari segi tekstur, BB Cream cenderung lebih ringan bahkan ada yang cair sehingga mudah diaplikasikan ke wajah.

Untuk tekstur Foundation memang dirancang cukup kental, sedikit berat saat digunakan supaya memberi hasil akhir lebih matte bebas kilap.

2. Tingkat coverage

Tingkat coverage atau kemampuan menutupi dan meratakan warna kulit dengan BB Cream tergolong medium. Tingkat coverage yang medium bahkan cenderung ringan ini cocok untuk Anda yang suka dengan tema 'no makeup' makeup look karena terkesan natural.

Sementara, tingkat coverage yang dihasilkan foundation cukup tinggi dan efektif menutupi ketidaksempurnaan di wajah seperti bekas jerawat atau dark spot.

3. Formula

Dikarenakan formulanya ringan, BB Cream relatif aman digunakan sebagai base makeup sehari-hari sebab tidak menutupi pori-pori wajah.

Apabila Anda ingin mendapat tampilan wajah yang sangat rata dan tertutup sempurna bisa memilih foundation karena formulanya yang pekat.

Meski terdapat perbedaan BB Cream dan Foundation, saat ini kedua produk tersebut sama-sama telah menyediakan variasi shade yang bisa disesuaikan warna kulit.

Untuk formula BB Cream atau Foundation juga sudah jauh lebih kompleks. Ada yang dilengkapi serum anti-aging, sunscreen SPF tinggi, sampai bahan aktif untuk kulit rentan berjerawat.

Klik artikel selengkapnya di sini...

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER