9 Buah yang Mengandung Banyak Air untuk Diet

CNN Indonesia
Sabtu, 15 Jan 2022 08:18 WIB
Buah dengan kandungan air tinggi dapat menjaga tubuh terhidrasi sekaligus menunjang penurunan berat badan. Berikut buah yang mengandung banyak air untuk diet. Buah dengan kandungan air tinggi dapat menjaga tubuh terhidrasi sekaligus menunjang penurunan berat badan. Berikut buah yang mengandung banyak air untuk diet. (Foto: duybox/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mengonsumsi buah-buahan segar bagus untuk diet. Agar penurunan berat badan menjadi lebih efektif, pilih buah yang mengandung banyak air untuk diet.

Ketika menjalani diet sehat, pastikan tubuh mendapat asupan air yang cukup. Air berperan dalam penurunan berat badan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan dan fungsi otot.

Asupan cairan tak berasal dari air putih saja, tapi juga bisa didapat dari buah-buahan yang mengandung banyak air.


Buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi diyakini mampu membantu perut merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan air yang tinggi juga membantu tubuh terhidrasi dengan baik.

Buah berair dengan rasa yang manis pun memiliki kalori dan gula yang lebih rendah sehingga cocok dikonsumsi saat diet, dibandingkan camilan atau kue-kuean yang tinggi gula.

Berikut rekomendasi buah yang mengandung banyak air untuk diet, merujuk berbagai sumber.

1. Semangka

Ilustrasi Buah SemangkaSemangka termasuk buah yang mengandung banyak air untuk diet (Foto: condesign/Pixabay)

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi yakni mencapai 92 persen. Semangka juga memiliki serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Dikutip dari Healhtline, semangka kaya akan kandungan likopen, senyawa yang berkhasiat mengurangi kerusakan oksidatif pada sel penyebab penyakit. Semangka dapat dinikmati sebagai camilan atau salad saat diet.

2. Jeruk

Ilustrasi Jeruk PotongJeruk termasuk buah yang mengandung banyak air untuk diet (Foto: skeeze/Pixabay)

Selain terkenal sebagai sumber serat dan vitamin C, buah jeruk juga banyak mengandung air. Kadar air pada jeruk mencapai 88 persen.

Kombinasi air dan serat dalam jerk dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga nafsu makan lebih terkendali.

3. Tomat

Ilustrasi Tomat CeriTomat termasuk buah yang mengandung banyak air untuk diet (Foto: AllAnd/Pixabay)

Buah yang sering disangka sayur ini mengandung kadar air yang tinggi. Dalam sebuah tomat ukuran sedang, menyediakan sekitar setengah 118 ml air.

Selain itu, tomat juga menyediakan banyak vitamin seperti A dan C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kaya akan serat, dan beberapa antioksidan likopen yang mampu menangkal penyakit.


4. Melon

Ilustrasi Buah MelonMelon termasuk buah yang mengandung banyak air untuk diet (Foto: Meditations/Pixabay)

Buah yang mengandung banyak air untuk diet selanjutnya adalah melon. Sekitar 89 persen kandungan buah melon adalah air. Kandungan air yang cukup tinggi pada melon ini bisa memenuhi asupan cairan tubuh untuk mencegah dehidrasi.

Mengonsumsi buah melon saat diet juga membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit. Selain itu, melon juga tinggi kalium dan vitamin C yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


5. Pepaya

ilustrasi pepayaPepaya termasuk buah yang mengandung banyak air untuk diet (Foto: iStockphoto/ansonmiao)

Buah berdaging lembut dan manis ini mengandung 88 persen air di dalamnya. Selain itu, pepaya kaya akan serat, vitamin, dan mineral, namun rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi selama diet.


6. Apel

Cripps Pink apples and Pink Lady apples are the exact same apple with the same pink color and quality. The only difference is that Pink Lady® is a registered trademark of the Pink Lady Apple Association.  Pink Lady® was one of the first apples to be marketed under a specific brand name rather than by its variety name.Apel termasuk buah yang mengandung banyak air untuk diet (Foto: iStockphoto/jlipko)

Apel adalah buah yang mengandung banyak air untuk diet. Mengutip MyFoodData, buah apel memiliki kandungan air sebesar 86 persen.

Disarankan mengonsumsi buah apel bersama dengan kulitnya. Pada kulit apel terdapat kandungan serat yang tinggi yang berguna untuk mengoptimalkan penurunan berat badan.


7. Persik

Ilustrasi buah persikPersik termasuk buah yang mengandung banyak air untuk diet (Foto: Pixabay/stevepb)

Mengutip WebMD, persik adalah buah yang padat nutrisi dan kaya air. Merujuk alam buahnya terdiri atas 85 persen air, serta vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, C, B, dan potasium.

Kandungan serat yang tinggi dalam buah persik juga menjadikannya makanan yang mengenyangkan dan menyehatkan untuk pencernaan.


8. Pir

pile of ripe yellow pears isolated on white backgroundPir termasuk buah yang mengandung banyak air untuk diet (Foto: Istockphoto/Pineapple Studio)

Buah pir salah satu buah banyak kandungan air yang bagus untuk diet. Buah dengan tekstur renyah ini mengandung 84 persen air dan 6 gram serat sehingga mampu membuat perut terasa lebih kenyang usai memakannya.


9. Stroberi

Semangkuk StroberiStroberi termasuk buah yang mengandung banyak air untuk diet (Foto: morgueFile/MaxStraeten)

Salah satu jenis buah beri yang paling populer ini kaya kandungan air. Sekitar 91 persen berat buah stroberi berasal dari air.

Stroberi juga menyediakan banyak serat, antioksidan, vitamin C, mineral, folat, mangan, namun rendah kalori.

Itulah 9 buah yang mengandung banyak air untuk diet. Selain mengonsumsi buah, imbangi dengan makan makanan bergizi dan menerapkan pola hidup sehat untuk menunjang keberhasilan diet.

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER