6 Cara Membuat Warna Kulit Lebih Merata

tim | CNN Indonesia
Senin, 17 Jan 2022 06:14 WIB
Warna kulit yang tidak merata ternyata juga memicu rasa tidak nyaman. Berikut cara membuat warna kulit lebih merata. Warna kulit yang tidak merata ternyata juga memicu rasa tidak nyaman. Berikut cara membuat warna kulit lebih merata.(Foto: iStockphoto/Artfully79)
Jakarta, CNN Indonesia --

Permasalahan kulit tidak sebatas jerawat atau beruntusan. Warna kulit yang tidak merata ternyata juga memicu rasa tidak nyaman. Biasanya warna kulit tidak merata terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar matahari, usia, maupun hormon.

"Yang paling umum adalah karena paparan sinar matahari. Sel melanosit kita (sel yang memberi warna pada kulit) diaktifkan oleh sinar matahari dan membuat lebih banyak warna sebagai responsnya. Warna coklat biasanya merupakan akibat langsung dari hal ini, sementara noda hitam berkembang selama bertahun-tahun karena paparan sinar matahari yang berkepanjangan tanpa perlindungan," kata dokter kulit Laura Scott, mengutip dari Forbes.

Anda bisa melakukan beberapa cara membuat warna kulit lebih merata, berikut ini:


1. Eksfoliasi setidaknya seminggu sekali

Scott mengatakan lapisan atas kulit sebagian besar terdiri dari sel-sel kulit mati. Eksfoliasi kulit secara teratur membantu mempercepat proses pengangkatan sel-sel kulit mati, membuat kulit lebih cerah dan halus.

Sandra Lee, ahli dermatologi yang berjuluk Dr. Pimple Popper, menambahkan perlu memerhatikan kondisi kulit saat memilih eksfoliator. Jika kulit kering dan tekstur tidak rata berarti Anda memerlukan eksfoliator fisik dan kimia.

"Sementara mereka yang rentan terhadap jerawat harus menghindari eksfoliasi fisik karena cenderung lebih abrasif dan dapat mengiritasi kulit yang meradang," kata Lee.

2. Coba gunakan glycolic acid

Kini ada bergaram produk skincare yang menawarkan kandungan bahan aktif yang dinilai ampuh mengatasi masalah kulit. Untuk persoalan warna kulit kurang merata, disarankan memilih produk skincare dengan kandungan asam glikolat alias glycolic acid.

Scott menjelaskan glycolic acid merupakan alpha hydroxy acid (AHA) yang meningkatkan produksi kolagen dan membantu memecah protein dengan bertindak sebagai 'lem' yang mengikat sel-sel kulit mati bersama-sama.

"Ini luar biasa untuk mengobati jerawat, memudarkan bintik hitam dan bekas luka dangkal, bahkan garis halus," katanya.

Simak cara membuat kulit wajah merata di halaman berikut.

6 Cara Membuat Warna Kulit Lebih Merata

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER