Cerita Didiet Maulana Dandani Song Kang dengan Tenun Nusantara

tim | CNN Indonesia
Rabu, 12 Jan 2022 15:40 WIB
Desainer Didiet Maulana berkesempatan merancang busana buat artis Korea Selatan, Song Kang. Berikut penuturan Didiet soal proses di baliknya. Desainer Didiet Maulana berkesempatan merancang busana buat artis Korea Selatan, Song Kang. Berikut penuturan Didiet soal proses di baliknya. (Arsip Didiet Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Desainer Didiet Maulana berkesempatan merancang busana buat artis Korea Selatan, Song Kang. Song Kang yang jadi brand ambassador suatu produk kesehatan mengenakan tenun dengan nuansa motif biru.

Didiet pun berbagi cerita bahwa proyek ini serupa proyek rahasia yang hanya diketahui segelintir orang di timnya.

"Jadi kami sudah ada perjanjian gitu dengan label karena ini benar-benar surprise party ya, jadi tantangannya bagaimana timku merasakan vibe-nya seperti yang aku inginkan," ujar Didiet saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (14/1).


Satu hal yang jadi tantangan besar buat Didiet adalah soal ukuran. Pasalnya manajemen Song Kang hanya memberikan ukuran internasional. Padahal Didiet memerlukan ukuran yang cukup detail.

Tidak pasrah begitu saja, Didiet mengukur badan Song Kang secara virtual. Lewat layar televisi dan bermodal ilmu skala dalam arsitektur, ia mulai mengukur tinggi badan hingga akhirnya memperoleh ukuran-ukuran detail sang aktor termasuk panjang bahu dan lain-lain.

"Menantangnya juga karena pembuatannya masuk musim libur. Di Korea banyak liburnya. 'Tek-tok' terhambat untuk persetujuan [desain]. Tapi so far oke ya, dari gambar yang kami kirim sudah langsung dipilih dan kami bikin, dikirim ke sana dan jadi deh!" katanya bersemangat.

Sementara itu untuk tenun maupun motifnya, Didiet mengatakan dirinya tidak mengangkat kekhasan tenun satu daerah tertentu.

"Tenunnya warna biru. Sebenarnya menceritakan bahwa 70 persen wilayah Indonesia itu laut, kita ini negara maritim, kepulauan. Motifnya motif dekoratif dan memang merepresentasikan tenun Indonesia aja sih, jadi tidak merepresentasikan satu daerah tertentu. Yang ingin saya tekankan adalah Song Kang memakai tenun buatan perajin Nusantara," jelasnya.

Desainer Didiet Maulana berkesempatan merancang busana buat artis Korea Selatan, Song Kang. Didiet yang juga penggemar drama Korea mengaku ini seperti doa yang terkabul.Desainer Didiet Maulana berkesempatan merancang busana buat artis Korea Selatan, Song Kang. (Dok. Didiet Maulana)

Dia pun berharap ini jadi sarana yang baik untuk memperkenalkan tenun Indonesia ke dunia internasional. Apalagi tenun dikenakan oleh sosok Song Kang yang kemarin populer berkat drama 'Nevertheless'.

"Mudah-mudahan jadi naik deh tenun ikatnya, perajin makin semangat, kita semua juga makin bangga memakai wastra Nusantara. Song Kang aja pakai, kenapa kita enggak?" pungkas Didiet.

(tst/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER