5 Cara Bijak Menyikapi Pasangan yang Selingkuh

CNN Indonesia
Sabtu, 15 Jan 2022 17:24 WIB
Ada beberapa cara bijak menyikapi pasangan yang berselingkuh tanpa harus mengorbankan harga diri, seperti berikut. Ilustrasi. Ada beberapa cara bijak menyikapi pasangan yang berselingkuh tanpa harus mengorbankan harga diri. (iStock/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perselingkuhan dalam kehidupan rumah tangga merupakan sesuatu paling fatal yang umumnya tidak mudah dimaafkan.

Menyikapi pasangan yang selingkuh juga dinilai cukup menantang. Betapa tidak, emosi rasanya sudah lebih dulu dibalut oleh rasa kecewa serta amarah.

Sekalipun ingin meluapkan emosi karena kekecewaan tersebut, pastikan Anda tidak ceroboh dalam mengambil keputusan.


Merujuk laman Marriage, ada beberapa cara bijak yang bisa dilakukan ketika mengetahui pasangan selingkuh tanpa harus mengorbankan harga diri. Berikut diantaranya.

1. Kendalikan diri

Setelah mengetahui bahwa pasangan Anda benar-benar 'curang' karena selingkuh, jangan langsung memutus hubungan begitu saja.

Hal pertama, cobalah kendalikan diri dan emosi terlebih dulu sembari me time untuk menjernihkan pikiran.

Pastikan juga bukti-bukti perselingkuhan pasangan memang valid supaya nantinya bisa dijadikan alasan kuat.

2. Utarakan perasaan satu sama lain

Ilustrasi disfungsi seksual wanita.Ilustrasi. Ada beberapa cara bijak untuk menyikapi pasangan yang selingkuh. (Istockphoto/ Nd3000)

Apabila perasaan Anda sudah jauh lebih tenang dan tegar, bisa mulai dengan quality time untuk mendengarkan alasan pasangan sekaligus mengutarakan perasaan satu sama lain.

Sebagai korban perselingkuhan mungkin berat rasanya bahkan malas untuk mendengar penjelasan pasangan karena terkesan membual.

Akan tetapi, komunikasi ini sangat penting. Hasil pembicaraan antara Anda dan pasangan bisa menjadi bahan evaluasi diri untuk kedua belah pihak.

3. Pertimbangkan hubungan

Setelah meluapkan isi perasaan masing-masing, berikutnya adalah memutuskan tentang kelanjutan hubungan. Apakah akan tetap bersama atau tidak.

Mempertimbangkan hubungan dalam menyikapi pasangan yang selingkuh memang sulit. Namun, hal ini perlu diputuskan dengan tegas supaya tidak ada 'drama' berkelanjutan.

Jika merasa terlanjur dan ingin memperbaiki hubungan, maka silakan saling memaafkan. Tapi, jika kesalahan itu tidak dapat Anda terima, jangan ragu untuk mantap meninggalkannya.

4. Mencoba memaafkan

rear view of a couple walking on the streetIlustrasi. Mencoba memaafkan jadi salah satu cara bijak menyikapi pasangan yang berselingkuh. (Istockphoto/franckreporter)

Apapun keputusan akhir pilihan Anda dan pasangan karena dampak perselingkuhan, cobalah tetap saling memaafkan.

Dengan memaafkan atas kesalahan yang terjadi bahkan membuat hubungan keduanya tidak dapat diselamatkan, merupakan cara bijak untuk menjadi sosok lebih baik.

Anda bisa mulai dengan memberi maaf kepada diri sendiri terlebih dulu, kemudian maafkan pasangan yang sudah mengkhianati.

5. Move on!

Menurut penuturan psikolog Ratih Ibrahim yang dikutip dari laman Kelas Cinta, baik itu hubungannya berlanjut atau putus pasca-perselingkuhan, sebaiknya Anda harus berubah.

"Kalian harus berubah demi mencapai hubungan lebih baik. Buat perubahan yang diharapkan dan disepakati dalam bentuk sikap dan tindakan nyata," ucap Ratih.

Menyikapi pasangan yang selingkuh lalu berusaha move on memang sulit. Tapi, cara ini dinilai suportif karena Anda sadar bahwa diri sendiri jauh lebih berharga daripada harus tersakiti.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER