Cara Cuci Muka yang Benar untuk Kulit Berjerawat

tim | CNN Indonesia
Minggu, 23 Jan 2022 11:35 WIB
Mencuci muka kulit berjerawat tidak bisa sembarangan. Berikut cara cuci muka yang benar untuk kulit berjerawat agar jerawat tak semakin meradang. Mencuci muka kulit berjerawat tidak bisa sembarangan. Berikut cara cuci muka yang benar untuk kulit berjerawat agar jerawat tak semakin meradang. (Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kulit berjerawat memerlukan perhatian lebih dalam hal perawatan, termasuk saat mencuci muka. Selain memilih jenis sabun yang tepat, cara mencuci muka juga harus dilakukan dengan benar.

Jika sembarangan mencuci muka, bukan tak mungkin jerawat justru bertambah banyak. Berikut cara cuci muka yang benar untuk kulit berjerawat.

Jerawat yang dikenal dalam istilah medis dengan nama acne vulgaris merupakan peradangan yang terjadi pada kelenjar pilosebasea.


Selain pada area wajah, jerawat juga jamak muncul pada area bahu, lengan bagian atas, juga punggung.

Untuk mengurangi atau mencegah pertumbuhan jerawat, perlu dengan menjaga kebersihan kulit, termasuk pada muka. Dengan membersihkan kulit secara teratur, beberapa faktor pencetus munculnya jerawat bisa ditekan.


Cara Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat

ilustrasi cuci muka dengan sabun wajahCara cuci muka yang benar untuk kulit berjerawat. (Ilustrasi Foto: iStockphoto)

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tahapan mencuci muka yang benar untuk kulit berjerawat.

1. Bersihkan kotoran dan makeup yang menempel

Sebelum mencuci muka dengan sabun, pastikan makeup pada wajah telah dibersihkan. Untuk membersihkan makeup atau kotoran debu dan lainnya, gunakan milk cleanser atau micellar water tepat sebelum mencuci muka.

Hal ini penting untuk dilakukan agar makeup bisa terangkat maksimal dan tidak ada residu apa pun menyumbat pori-pori.


2. Awali dengan mencuci tangan

Ritual mencuci muka untuk kulit berjerawat yang benar harus diawali dengan membersihkan tangan terlebih dahulu.

Sebab, tangan yang tidak bersih bisa membuat jerawat pada muka akan semakin banyak dan bukan tidak mungkin malah bertambah parah, meskipun Anda telah memilih sabun muka dengan kandungan yang tepat.

Sebelum mencuci muka, bersihkan tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan bilas dengan air hingga bersih.


3. Gunakan air bersih untuk cuci muka

Memastikan air yang digunakan itu bersih sangat penting bagi pemilik kulit berjerawat. Air yang kurang bersih bisa membuat jerawat tetap muncul dan tak kunjung sembuh.

Anda bisa menggunakan air kran yang mengalir untuk membasuh muka. Hindari menggunakan air panas untuk mencuci muka karena dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami dari kulit.

Air panas juga dapat mengiritasi kulit, membuat pori-pori membesar, dan wajah semakin memerah.


4. Pijat wajah dengan lembut

Saat mengaplikasikan sabun muka ke wajah, cukup pijat dengan lembut menggunakan ujung jari. Hindari menggosok kuat wajah Anda, terutama di area berjerawat dengan tekanan dan gesekan yang kasar.

Menggosokkan sabun ke kulit secara perlahan dengan gerakan melingkar tidak akan membuat kulit iritasi dan melukai jerawatnya.


5. Bilas sampai bersih

Setelah selesai mengoleskan sabun dengan rata di seluruh bagian wajah, bilas menggunakan air bersih. Air dingin sudah cukup untuk membersihkan sisa atau residu sabun pada kulit wajah. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal.


6. Keringkan wajah dengan kain bersih

Usai mencuci muka, lap wajah dengan kain atau handuk bersih. Hindari menggosok kain dengan keras ke kulit wajah. Cukup tepuk-tepuk perlahan wajah dengan handuk untuk menyerap kelebihan air.

Gunakan kain yang benar-benar bersih atau tisu sekali pakai untuk memastikan tidak ada bakteri yang berpindah ke wajah. Di tahap ini, Anda bisa lanjut menggunakan skincare untuk kulit berjerawat, seperti toner dan sebagainya.

Tips Mencuci Muka untuk Kulit Berjerawat

ilustrasi cuci mukaTips mencuci muka untuk kulit berjerawat (Ilustrasi Foto: iStockphoto/pondsaksit)
  • Pilih sabun yang tepat: Sudah banyak sabun pencuci muka yang memang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Pilih sabun muka dengan kandungan yang bisa meredakan dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat, misalnya benzoil peroksida, asam salisilat, sulfur, tea tree, dan sebagainya.
  • Hindari gonta-ganti sabun cuci muka: Skincare, termasuk sabun cuci muka tidak bisa efektif bekerja hanya dalam semalam. Dibutuhkan beberapa minggu untuk dapat melihat hasilnya sebelum memutuskan mengganti jenis produk lain.
  • Cuci muka dua kali sehari: Cuci muka kulit yang berjerawat sebaiknya 2 kali sehari, pada pagi dan juga sebelum tidur. Namun, jangan terlalu sering mencuci muka saat kulit berjerawat yang justru akan membuat kulit wajah menjadi kehilangan kelembapannya.

Itulah beberapa cara cuci muka yang benar untuk kulit berjerawat yang harus diketahui.

(ahd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER