Bacaan Doa Ketika Gempa Bumi Terjadi

CNN Indonesia
Jumat, 14 Jan 2022 16:46 WIB
Gempa bumi berkekuatan 6,7 M yang berpusat di Banten terjadi pada Jumat (14/1) sore. Berikut doa ketika gempa bumi terjadi. Gempa bumi berkekuatan 6,7 M yang berpusat di Banten terjadi pada Jumat (14/1) sore. Berikut doa ketika gempa bumi terjadi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa bumi berkekuatan 6,7 M yang berpusat di Banten terjadi pada Jumat (14/1) sore. Berikut doa ketika gempa bumi terjadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa yang terasa di Jakarta, Bogor, hingga Depok di Sumur, Banten. Gempa terjadi pada pukul 16.12.

Saat merasakan gempa bumi atau bencana lain yang membahayakan keselamatan jiwa, disarankan untuk berdoa. Berikut doa ketika gempa bumi.



ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Arab-Latin: Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a'ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan."

Selain memanjatkan doa ketika gempa, sebagai umat muslim juga dapat mendoakan saudara yang mungkin terkena dampak dari gempa bumi atau bencana lainnya.

Ada doa untuk orang yang terkena musibah seperti yang pernah diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadits riwayat Muslim dan dilansir dari buku 'Kumpulan Do'a dari Al-Quran dan As-Sunnah yang Shahih' karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas:


إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْه

Arab-Latin: "Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha".

Artinya: "Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik."

Jadi, ketika mengalami gempa bumi sebaiknya perbanyak berdoa dan berdzikir kepada Allah SWT. Dan untuk yang tidak terkena gempa atau musibah, sebaiknya doakan orang yang sedang kesulitan agar dimudahkan Allah SWT dan bisa tetap tabah dan ikhlas.

Simak penjelasan tentang doa ketika gempa bumi di halaman berikut.

(tim)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER