Hati-hati, Dehidrasi Bisa Buat Gairah Seks Menurun

tim | CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 21:46 WIB
Pastikan Anda mengonsumsi air yang cukup sebelum berhubungan seks. Pasalnya, dehidrasi bisa membuat gairah seks menurun. Pastikan Anda mengonsumsi air yang cukup sebelum berhubungan seks. Pasalnya, dehidrasi bisa membuat gairah seksual menurun.(Foto: iStockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sesi panas dan menyenangkan di tempat tidur selalu menjadi dambaan setiap pasangan. Meski demikian, gairah seks itu bisa saja hilang karena kurang minum alias kurang cairan atau dikenal juga dengan istilah dehidrasi.

Saat tubuh kekurangan cairan, gairah seks juga bisa menghilang. Dikutip dari Health Shots, Konsultan Obstetri & Ginekologi India, Sushma Tomar mengatakan dehidrasi menyebabkan banyak perubahan pada tubuh baik pada pria maupun wanita.

Saat tubuh kekurangan air, terjadi efek samping dan komplikasi. Dehidrasi juga membuat seseorang mengalami kelelahan, iritasi, suasana hati yang tertekan, dan kekeringan pada kulit. Pada wanita, dehidrasi bisa menyebabkan vagina terasa sakit saat berhubungan seks karena kekurangan cairan atau pelumas.


"Dehidrasi dapat menjadi alasan utama dibalik penurunan libido yang pada gilirannya juga dapat menyebabkan kinerja seksual yang buruk," kata Tomar.

Saat dehidrasi, tubuh juga mulai membuat enzim angiotensin. Enzim ini menyebabkan pembuluh darah mengencang. Tekanan darah meningkat sehingga menghambat aliran darah mengalir dengan ke seluruh tubuh termasuk ke bagian penis pada pria. Kondisi ini bisa menyebabkan disfungsi ereksi.

Dikutip dari Urology of Greater Atlanta, dehidrasi bisa menyebabkan disfungsi ereksi karena volume sel darah merah dan plasma yang rendah bisa mencegah corpus cavernosum atau ruang di dalam penis untuk mendapatkan cukup oksigen dan darah yang diperlukan untuk mempertahankan ereksi.


Untuk diketahui, kemampuan ereksi untuk mencapai orgasme sangat bergantung pada sistem tubuh yang bekerja sama dengan baik, salah satunya dengan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi cairan yang cukup sebelum berhubungan seks. Setiap orang dewasa direkomendasikan minum 2 liter air atau sekitar 8 gelas setiap hari.

(tst/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER