Diet Terbaik untuk Ginjal menurut Penelitian

tim | CNN Indonesia
Selasa, 18 Jan 2022 20:05 WIB
Studi terbaru menemukan diet terbaik untuk ginjal. Diet ini membantu menjaga kesehatan ginjal yang merupakan organ penting dalam tubuh. Studi terbaru menemukan diet terbaik untuk ginjal. Diet ini membantu menjaga kesehatan ginjal yang merupakan organ penting dalam tubuh.(Foto: iStockphoto/marilyna)
Jakarta, CNN Indonesia --

Studi terbaru menemukan diet terbaik untuk ginjal. Diet ini membantu menjaga kesehatan ginjal yang merupakan organ penting dalam tubuh.

Ginjal adalah organ yang berfungsi membuang racun atau zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh dari makanan dan minuman. Oleh karena itu setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi bakal memengaruhi ginjal.

Misalnya, konsumsi soda dan alkohol yang berlebihan bakal merusak ginjal. Sedangkan makanan tinggi kalium dan protein dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal.


Lalu, apa diet terbaik untuk ginjal?

Studi terbaru menunjukkan bahwa diet Mediterania adalah diet yang terbaik untuk ginjal. Diet ini dapat membantu menjaga fungsi ginjal terutama pada orang yang memiliki masalah jantung.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Clinical Nutrition ini menganalisis lebih dari 1.000 pasien penyakit jantung koroner. Menjaga kesehatan ginjal sangat penting bagi orang berpenyakit jantung. Pasalnya, kerusakan ginjal dapat meningkatkan darah tinggi dan merusak jantung.

Para peneliti lalu meminta mereka setengah dari pasien mengikuti diet Mediterania. Diet Mediterania menekankan pada konsumsi minyak zaitun murni, sayuran, biji-bijian, dan ikan.

Sedangkan setengah partisipan lagi diminta mengonsumsi diet rendah lemak yang kaya karbohidrat kompleks.

Hasilnya, kedua diet tersebut dapat meningkatkan fungsi ginjal. Namun, Diet Mediterania memberikan efek yang lebih baik untuk ginjal dibandingkan diet rendah lemah.

"Temuan utama kami adalah bahwa konsumsi jangka panjang dari diet Mediterania - yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal dari minyak zaitun - bila dibandingkan dengan diet rendah lemak, memperlambat dan mempertahankan fungsi ginjal pada orang-orang dengan penyakit jantung koroner," kata peneliti Elena Yubero Serrano kepada Eat This.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER