5 Cara Mengatasi Wajah Kusam Hitam dan Berminyak

tim | CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 15:10 WIB
Cara mengatasi wajah kusam hitam dan berminyak ini bisa dengan metode perawatan sederhana yang dilakukan sehari-hari. Cara mengatasi wajah kusam hitam dan berminyak ini bisa dengan metode perawatan sederhana yang dilakukan sehari-hari. (Ilustrasi Foto: Istockphoto/Sasha_Suzi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wajah terlihat kusam dan berminyak termasuk ke dalam permasalahan kulit yang paling umum terjadi.

Cara mengatasi wajah kusam hitam dan berminyak ini bisa dengan metode perawatan sederhana yang dilakukan sehari-hari.

Selain memilih jenis skincare sesuai kebutuhan kulit wajah, penting juga untuk memperhatikan asupan harian yang sehat dengan nutrisi cukup.


Penyebab Wajah Kusam dan Berminyak

Focused beautiful young woman looking at herself in the bathroom mirror at homePenyebab kulit wajah kusam dan berminyak (Ilustrasi Foto: Istockphoto/Wavebreakmedia)

Penyebab warna kulit jadi kusam serta berminyak tidak terjadi begitu saja. Kondisi ini biasanya akibat malas merawat kulit wajah.

Dilansir dari Healthline, di bawah ini terdapat penyebab yang membuat warna kulit menghitam, kusam, sekaligus berminyak.

Penyebab Wajah Kusam

  • Kulit kering
  • Tidak memakai pelembap
  • Tidak memakai tabir surya
  • Tidak melakukan eksfoliasi
  • Tubuh mengalami dehidrasi
  • Penumpukan sel kulit mati
  • Kebiasaan merokok
  • Bertambahnya usia yang memengaruhi elastisitas kulit.

Penyebab Wajah Berminyak

  • Faktor usia
  • Genetik
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Eksfoliasi wajah berlebihan
  • Tidak memakai pelembap
  • Berlebihan konsumsi makanan dengan indeks glikemiks (GI) tinggi
  • Stres
  • Memakai produk skincare yang kurang tepat.

Cara Mengatasi Wajah Kusam Hitam dan Berminyak

Woman exfoliating face with a coffee scrub, studio shot.Cara mengatasi wajah kusam hitam dan berminyak mulai dari rajin eksfoliasi hingga makan makanan sehat (Foto: iStockphoto/triocean)

Berikut beberapa cara mengatasi wajah kusam hitam dan berminyak yang bisa Anda lakukan supaya kondisi kulit kembali normal, cerah serta terlihat sehat.

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan perawatan yang berfungsi mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati penyebab kusam, sekaligus membuat warna kulit jadi satu tingkat lebih cerah.

Melakukan eksfoliasi dengan benar serta tidak berlebihan dapat meremajakan kulit, kurangi produksi minyak, dan membersihkan pori-pori sehingga mencegah komedo atau jerawat.

Proses eksfoliasi wajah disarankan memakai scrub dengan bulir lembut dan halus, atau exfoliate serum. Tapi pastikan produk eksfoliasi yang dipilih memang sesuai jenis kulit.

2. Memakai tabir surya

Memakai tabir surya (sunscreen) meski tidak terpapar langsung oleh sinar matahari sangatlah penting. Selain mencegah kulit kusam, hal itu bermanfaat menjaga elastisitas kulit.

Apabila sebelumnya Anda mengabaikan sunscreen walau sedang di dalam ruangan, mulai sekarang jangan sampai di skip.

Saat ini sudah ada banyak produk skincare yang menawarkan tabir surya dengan tekstur ringan sehingga mudah meresap ke kulit, bahkan formulanya juga sangat baik.

3. Memakai pelembap

ilustrasi skincareCara mengatasi wajah kusam hitam dan berminyak dengan menggunakan pelembap non-comedogenic dengan kandungan asam salisilat (Ilustrasi Foto: iStockphoto)

Mungkin Anda pernah terpikir bahwa kulit berminyak tidak terlalu membutuhkan pelembap karena khawatir tampilannya jadi lebih mengilap.

Anggapan tersebut cukup keliru, sebab kulit yang berminyak juga perlu moisturizer untuk mengontrol kelebihan minyak di wajah.

Kulit berminyak disarankan memakai pelembap dengan jenis non comedogenic, berbahan dasar air, atau memiliki kandungan asam salisilat, retinoid, dan sodium hyaluronate.

4. Memakai toner

Face toner dalam rangkaian skincare berfungsi mengurangi produksi sebum, mengecilkan pori-pori, sekaligus menyegarkan.

Selain itu, toner juga bermanfaat menurunkan kadar pH kulit dan mengangkat sisa kotoran wajah dari makeup yang mungkin tidak sepenuhnya bersih oleh sabun muka biasa.

Untuk mengatasi wajah kusam serta berminyak disarankan menggunakan toner berbahan dasar natural seperti witch hazel, bebas alkohol dan paraben, atau salicylic acid (BHA).

5. Konsumsi makanan sehat

Yang tidak kalah penting dari cara mengatasi wajah kusam hitam dan berminyak adalah memperbaiki pola asupan makanan.

Meski Anda sudah ekstra melakukan perawatan dari luar, jangan lupa menyeimbangkan perawatan dari dalam dengan konsumsi makanan bernutrisi.

Misalnya perbanyak air putih, air kelapa, gandum, lemon, pisang, alpukat, ubi, tomat, brokoli, ikan, kacang-kacangan dan lainnya, untuk menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Klik artikel selengkapnya di sini...

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER