Studi: Nonton Drama Seharian Tingkatkan Risiko Pembekuan Darah

tim | CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 18:32 WIB
Studi terbaru menunjukkan binge-watching atau nonton drama seharian dapat berdampak buruk terhadap sistem peredaran darah. Studi terbaru menunjukkan binge-watching atau nonton drama seharian dapat berdampak buruk terhadap sistem peredaran darah. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Markovic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Binge-watching atau nonton drama seharian dapat berdampak buruk terhadap sistem peredaran darah.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa terlalu sering nonton seharian dapat meningkatkan risiko pembekuan darah di kaki atau paru-paru sebesar 35 persen. Kondisi yang dikenal dengan istilah tromboemboli vena ini dapat mengancam jiwa jika terus dibiarkan.

"Menonton dalam waktu lama, yang tidak banyak bergerak, dapat meningkatkan risiko tromboemboli vena," kata peneliti Setor Kunutsor, dikutip dari US News.


Hasil ini didapat setelah peneliti menganalisis data yang melibatkan lebih dari 130 ribu orang. Peneliti mencari hubungan antara menonton TV dengan tromboemboli vena yang meliputi bekuan darah di paru dan bekuan darah di vena dalam, biasanya di kaki.

Dalam tindak lanjut yang dilakukan antara 5-20 tahun, lebih dari 900 orang mengalami tromboemboli vena. Peneliti menemukan bahwa orang yang menonton paling lama yakni empat jam atau lebih per hari lebih mungkin mengalami pembekuan darah daripada yang menonton paling sedikit. Hubungan ini tidak tergantung pada usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, dan aktivitas fisik.

Hasil studi ini dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology.

"Kita harus membatasi waktu yang kita habiskan di depan televisi. Jika Anda ingin menonton TV, Anda harus menyelinginya dengan gerakan teratur agar sirkulasi tetap berjalan," kata Kunutsor.

Peneliti menjelaskan bahwa menonton dalam waktu yang lama membuat orang duduk dan tidak bergerak. Kondisi ini mengurangi aliran darah ke vena dari kaki. Alhasil, darah mengalir lambat dan menggumpal dengan tidak normal.

Untuk mencegah kondisi ini, peneliti menyarankan agar setiap orang melakukan aktivitas fisik yang cukup. Olahraga membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah pembekuan darah.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER