5 Urutan Pemakaian Skincare Pria, Eksfoliasi hingga Pakai Sunscreen

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 29 Jan 2022 12:17 WIB
Sama seperti wanita, pria juga perlu menggunakan skincare supaya bebas dari berbagai permasalahan kulit. Berikut urutan skincare dasar untuk pria. Sama seperti wanita, pria juga perlu menggunakan skincare supaya bebas dari berbagai permasalahan kulit. Berikut urutan skincare dasar untuk pria. (Foto: istockphoto/SanyaSM)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sama seperti wanita, kulit pria perlu menggunakan skincare supaya tetap bersih dan bebas dari berbagai permasalahan kulit. Untuk urutan skincare pria sebenarnya tak jauh berbeda seperti wanita.

Hanya saja, formula di dalam skincare menyesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit.

Kulit wajah pria pun juga perlu dirawat karena pada dasarnya produksi hormon testosteron yang diproduksi menghasilkan minyak berlebih.

Apabila minyak atau sebum tersebut tidak diatasi dengan perawatan yang tepat, hal ini justru lebih rentan menyebabkan masalah kulit seperti kusam, komedo, sampai berjerawat.

Supaya tahapan memakai skincare tidak keliru, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba dari urutan pertama sampai akhir.

1. Eksfoliasi

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan sebum dari kulit, mengutip Mankind.

Saran melakukan eksfoliasi ini sebaiknya 1-2 kali per minggu selama 30 menit. Untuk jenisnya bisa gunakan exfoliate serum atau exfoliate scrub.

Bagi pria dengan jenis kulit berminyak, eksfoliasi dianjurkan lebih sering. Idealnya 3 kali dalam seminggu, sedangkan kulit sensitif dan kering tidak lebih dari 2 kali per minggu.


2. Face cleanser

Ilustrasi pria cuci mukaUrutan skincare pria yakni mencuci muka dengan menggunakan sabun wajah khusus (Foto: iStock/Peopleimages)

Urutan skincare pria selanjutnya ada cleanser yang menggunakan sabun pencuci wajah untuk mengangkat sisa kotoran pada kulit.

Selain menghilangkan sisa debu kotoran, cleanser juga ampuh mencegah timbulnya jerawat akibat pori-pori tersumbat.

Membersihkan wajah bisa dilakukan pada pagi hari sebelum berkegiatan atau malam hari usai beraktivitas dengan durasi tidak lebih dari 30 detik.


3. Serum

Selesai membersihkan wajah dengan sabun, tahap berikutnya yaitu memakai serum sesuai kebutuhan kulit.

Manfaat dari serum ini cukup efektif memberi nutrisi pada wajah supaya lapisan kulit tetap elastis dan tidak mudah kusam.

Pemakaian serum yang rutin tidak hanya berfungsi menghalau kulit kusam, tapi sekaligus sebagai anti-aging untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus, bintik hitam, dan kendur.


4. Pelembap

Beautiful young man getting ready in the morningUrutan skincare pria dengan tidak melewatkan pelembap (Foto: istockphoto/supersizer)

Moisturizer atau pelembap bermanfaat mengembalikan hidrasi pada kulit, mengencangkan, serta menggantikan nutrisi yang hilang usai dibersihkan.

Pelembap sebaiknya digunakan setiap hari, baik itu dalam rangkaian skincare pagi atau malam. Sebab pelembap punya fungsi yang lebih efektif dalam menjaga skin barrier.

Tak hanya itu, pelembap dapat diaplikasikan pada tahap akhir skincare untuk mengunci semua nutrisinya tetap terjaga.


5. Sunscreen

Tabir surya selayaknya kebutuhan dasar yang diperlukan kulit. Tak cuma wanita, pria juga harus mengaplikasikan sunscreen setiap hari, apalagi jika aktif melakukan kegiatan di luar ruangan.

Tabir surya dengan kandungan SPF yang tinggi dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya yang menjadi faktor penyebab kerutan dan kerusakan kulit, serta mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Meski urutan skincare pria terbilang sederhana, jangan ragu melakukan perawatan tambahan dari klinik kecantikan apabila memang diperlukan untuk memaksimalkan penyerapan skincare ke dalam kulit.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER