Perburuan Jamur Termahal di Dunia Jadi Warisan Budaya UNESCO

tim | CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 19:46 WIB
Setelah delapan tahun pendaftaran, perburuan truffle Italia berhasil masuk dalam daftar warisan budaya takbenda dunia UNESCO pada Desember 2021. Setelah delapan tahun pendaftaran, perburuan truffle Italia berhasil masuk dalam daftar warisan budaya takbenda dunia UNESCO pada Desember 2021. (AFP/GEORGES GOBET)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jamur truffle selama ini dikenal karena rasanya yang khas dan harganya yang mahal. Harga mahal jamur ini disebabkan karena proses mendapatkannya yang sulit.

Butuh keterampilan khusus dan juga perjuangan untuk mendapatkan jamur ini. Tingkat kesulitan dan perburuan ini akhirnya mendapat pengakuan dunia internasional.

Setelah delapan tahun pendaftaran, perburuan truffle Italia berhasil masuk dalam daftar warisan budaya takbenda dunia UNESCO pada Desember 2021.


Tahun ini, musim berburu truffle, yang dimulai pertengahan September dan berakhir pada akhir Januari, belum membuahkan hasil.

Itulah sebabnya harga melonjak hingga 500 euro per 100 gram, menurut Pusat Studi Truffle Nasional dikutip dari AP.

Praktik ini sekarang perlu dilindungi menurut Presiden Pusat Nasional untuk Studi Truffle, Antonio Degiacomi.

"Ada serangkaian pengetahuan tentang flora, tanah, hubungan dengan anjing, pelatihannya, ini adalah serangkaian keterampilan yang diturunkan secara informal dalam keluarga tetapi hari ini, dengan perubahan yang kami alami dalam hal penggunaan pedesaan kita, urbanisasi dan sebagainya, ada kebutuhan untuk menjaga keterampilan ini dengan bantuan asosiasi dan pelatihan."

Truffle putih tidak dapat dibudidayakan dan selalu bergantung pada hutan yang bersih di sekitar kebun anggur dan tanah pertanian lainnya untuk tumbuh.

Truffle bergantung pada pohon-pohon tertentu - ini termasuk pohon ek, poplar putih, jeruk nipis dan willow.

Namun berkurangnya keberadaan tanaman ini di daerah tersebut telah berkontribusi pada penurunan jamur yang terkenal itu.

"Pemburu truffle adalah seseorang yang dan akan selalu individualistis, dia memiliki tempat rahasianya dan tidak akan membaginya dengan siapa pun, dia akan pergi sendiri dalam perjalanannya, tetapi kami semakin memahami bahwa beberapa masalah besar yang terkait terhadap cuaca, iklim, perlindungan tanaman dan pohon truffle, pemeliharaannya, adalah semua hal yang membutuhkan tindakan kolektif, "kata Degiacomi.

Namun lebih daripada produk itu sendiri, proses perburuan juga melibatkan hubungan antara pemburu dengan anjingnya.

Giovanni Monchiero, dekan Truffle Dog University atau yang biasa disebut Università dei Cani da Tartufo mengungkapkan bahwa butuh waktu bertahun-tahun buat anjing untuk bisa mencari truffle.

Monchiero mengatakan adalah mungkin saja untuk mengajarkan dasar-dasar dalam 15 hari kepada anjing.

"Hari ini anjing itu mengambil truffle di sini, besok di tempat lain, dia perlahan-lahan membuat semacam 'Google Maps' untuk dirinya sendiri, dia mengingat bintik-bintik itu dan kemudian tahu di mana mencarinya di lain waktu. Itu juga tergantung pada trufflenya."

"Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, yang penting adalah mengetahui daerah tersebut, dan bahkan jika Anda mencari dua jam dan tidak dapat menemukan apa pun, itu tidak berarti anjing itu tidak bagus, mungkin tidak ada, itu sesuatu yang membutuhkan banyak kesabaran. Ini seperti melatih anjing, dia tidak akan siap untuk pergi setelah Anda menjelaskannya kepadanya, itu adalah permainan yang Anda bermain dengannya musim demi musim," kata Monchiero.

Tetapi di luar nilai produk perburuan, Monchiero mengatakan ini sebagian besar tentang ikatan antara anjingnya, Lady dan Vicky, dan dirinya sendiri.

"Apa yang luar biasa adalah bahwa setelah dua atau tiga tahun pengalaman dengan anjing, begitu mereka telah mempelajari jalan dan mereka tahu ke mana harus mencari, dan ketika mereka menemukannya, mereka melihat Anda dengan cara yang mengatakan itu semua, katanya kami telah menemukannya," kata dia.

"Saya melihat Lady atau Vicky dan bertanya kepada mereka apakah ada truffle dan mereka mulai menggali dengan antusias dan mereka melompat pada Anda." 

"Saya selalu mengatakan itu seperti ketika Anda menikah, suami dan istri, setelah bertahun-tahun Anda tidak' tidak perlu mengatakan apa-apa, Anda hanya tahu apa yang orang itu katakan dengan menatap matanya, dan dengan mereka itu sama, Anda membangun hubungan yang indah."

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER