5 Cara Merawat Kaki agar Putih Bersih

tim | CNN Indonesia
Jumat, 04 Feb 2022 12:05 WIB
Cara merawat kaki agar putih bersih dan mulus dapat dimulai dengan perawatan sederhana, asalkan dilakukan secara rutin. Cara merawat kaki agar putih bersih dan mulus dapat dimulai dengan perawatan sederhana, asalkan dilakukan secara rutin. (Foto: iStockphoto/Prostock-Studio)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memiliki kaki yang putih dan bersih menjadi idaman hampir setiap wanita karena membuat lebih percaya diri.

Cara merawat kaki agar putih bersih dan mulus dapat dimulai dengan perawatan sederhana, asalkan dilakukan secara rutin.

Selain menjaga tampilannya tetap indah dipandang, merawat kaki juga bermanfaat untuk mengatasi permasalahan seperti kulit kering, kasar, kusam, hingga memudarkan bekas luka.

Dilansir dari laman Net Doctor UK, berikut 5 hal yang dapat Anda lakukan supaya kaki selalu putih dan bersih serta terhindar dari masalah kulit.

1. Konsumsi makanan bernutrisi

ilustrasi kotak makanCara merawat kaki agar putih bersih dengan makan makanan bernutrisi yang dibutuhkan kulit (Foto: iStockphoto/lithiumcloud)

Perawatan paling dasar dalam merawat seluruh bagian kaki adalah mengonsumsi makanan bernutrisi yang tinggi vitamin B12, C, E, seng, dan biotin.

Semua kebaikan nutrisi itu dapat Anda temui pada ikan, daging, telur, produk susu, kacang-kacangan, sayur-sayuran terutama tomat serta wortel.

Makanan bernutrisi ini merupakan asupan terbaik yang berperan penting dalam melindungi sekaligus memberi vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit serta otot kaki.

Manfaat lain dari mengonsumsi makanan bernutrisi adalah menjaga kadar kelembapan kulit di sekitar kaki supaya terbebas dari kulit kasar, pecah-pecah, atau berkerak.


2. Selalu memakai pelembap

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah selalu menggunakan pelembap atau moisturizer khusus badan. Manfaat dari moisturizer ini cukup efektif mencegah pembentukan kulit keras atau dikenal dengan sebutan kapalan.

Sebaiknya gunakan lotion yang mengandung urea (Eucerin) yang mampu mengikat air di lapisan jaringan kalus serta mengurangi pembentukan ekstra sel kulit kering.

Pemakaian pelembap disarankan rutin, misalnya pagi hari sebelum menggunakan tabir surya, saat berada di ruang ber-AC, atau malam hari menjalang tidur untuk mengunci kelembapannya.


3. Rutin eksfoliasi

Cara merawat kaki agar putih bersih selanjutnya yaitu rutin eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati menumpuk penyebab kusam.

Proses eksfoliasi dapat memakai scrub, body gel, body serum, atau body rejuvenation dengan metode perawatan berbasis cahaya yang biasanya tersedia di klinik kecantikan.

Alternatif lain adalah eksfoliasi air garam yang sudah dicampur air hangat. Tapi pastikan saat melakukan perawatan alami ini, bagian kaki Anda tidak sedang dalam kondisi luka.

Caranya cukup beri dua sendok makan garam epsom ke air hangat, masukkan kaki untuk direndam sekitar 15 menit, gosok perlahan dengan batu apung, lalu bilas sampai bersih.


4. Lakukan waxing dan pedikur

Waxing merupakan metode menarik rambut-rambut yang ada di sekitar kaki dan bertujuan supaya kulit terlihat mulus serta bersih. Begitu juga dengan pedikur (pedicure) yaitu serangkaian perawatan yang khusus merawat kecantikan jari-jari kuku kaki.

Kombinasi kedua perawatan ini memang bermanfaat membuat tampilan kaki menjadi putih bersih terawat. Anda dapat melakukan waxing sekitar satu bulan sekali, sedangkan pedikur dapat dua minggu sekali, tergantung kondisi rambut serta kuku kaki.


5. Memakai alas kaki yang tepat

ilustrasi Sepatu sandal hak tinggiCara merawat kaki agar putih bersih (Foto: iStockphoto/Maryviolet)

Memperhatikan pemakaian alas kaki yang Anda gunakan sehari-hari juga sangat penting. Pemakaian sepatu yang kurang tepat sangat memungkinkan merusak penampilan kaki.

Misalnya jika memakai sepatu sempit, kondisi ini lebih rentan membuat lecet, kulit kaki jadi lembap berkeringat, sehingga terjadi infeksi jamur, lalu berujung luka-luka.

Sebisa mungkin gunakan sepatu sesuai ukuran kaki, tapi tidak terlalu longgar atau sempit. Bahannya juga memiliki desain yang nyaman digunakan tanpa terasa pegal.

Dengan demikian, cara merawat kaki agar putih bersih menyeluruh memang perlu seimbang antara perawatan dari dalam serta luar secara rutin.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER