3 Rekomendasi Salep untuk Mengatasi Bruntusan di Wajah

CNN Indonesia
Kamis, 10 Feb 2022 12:52 WIB
Ada banyak jenis salep untuk mengatasi bruntusan di wajah yang tersedia di pasaran. Berikut rekomendasinya. Ilustrasi. Ada banyak salep bruntusan di wajah yang tersedia di pasaran. (iStockphoto/Aja Koska)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain jerawat, permasalahan paling umum dan sering terjadi di wajah yaitu beruntusan (bruntusan) yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil merah pada area muka.

Meski kerap mengganggu penampilan, beruntusan masih bisa diatasi dengan menggunakan skincare atau obat-obatan topikal yang dioleskan langsung ke permukaan kulit.

Jenis salep bruntusan di wajah sebenarnya sudah cukup banyak dijual bebas di pasaran sehingga mudah ditemukan.

Penyebab Umum Bruntusan

Sebelum memutuskan menggunakan salep, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu terkait penyebab bruntusan pada wajah.

Dikutip dari Healthline, bruntusan bisa terjadi karena beberapa faktor. Misalnya, purging akibat pemakaian skincare yang kurang cocok, iritasi kulit, alergi atau jerawat hormon.

Selama kondisinya tidak parah, cara meredakan bruntusan dapat dilakukan dengan pengobatan mandiri memakai salep dan skincare.

Apabila bruntusan tersebut cukup serius sampai menyebabkan gatal berlebih, kemerahan, bernanah, atau lecet, jangan ragu untuk segera konsultasikan ke dokter kulit.

Salep untuk Bruntusan di Wajah

ilustrasi skincareIlustrasi. Ada banyak jenis salep bruntusan di wajah yang tersedia di pasaran. (iStockphoto)

Cara efektif mengatasi bruntusan di wajah bisa dilakukan dengan memakai salep formula khusus yang bisa membunuh bakteri di dalamnya, serta rangkaian skincare agar tekstur kulit kembali menjadi normal.

1. Avoskin Acne Series

Pemilik acne prone skin yang sedang bruntusan, tidak ada salahnya menggunakan rangkaian skincare dari Avoskin Acne Series.

Bahan aktif utama produk ini terdiri dari tea tree, kayumanis, dan grapefruit yang ampuh membasmi bakteri penyebab bruntusan serta jerawat.

Selain itu, bahan tersebut juga berperan aktif dalam mengecilkan pori-pori sekaligus menyamarkan noda-noda bekas jerawat.

2. Mediklin TR

Salep bruntusan di wajah merek Mediklin TR termasuk golongan obat keras yang sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum pemakaian.

Obat ini mengandung tretinoin 0,025% yang berperan mengeliminasi peningkatan keratinisasi dan penebalan epitel folikel dengan cara mempercepat pergantian sel.

Lalu, ada bahan tambahan lain yaitu clindamycin phosphate 1,2% untuk menghambat produksi enzim dan inflamasi dari bakteri penyebab bruntusan.

3. Vitacid

Salep Vitacid juga dipercaya ampuh dalam mengatasi masalah bruntusan di wajah. Produk ini memiliki beberapa varian yang bisa disesuaikan. Misalnya Vitacid 0,025%, 0,05% dan 0,1%.

Vitacid Cream merupakan obat topikal dengan kandungan retinoic acid untuk mempermudah pengelupasan kulit bruntusan.

Dikarenakan obatnya tergolong keras, petunjuk pemakaian Vitacid harus berdasarkan resep dokter dan hanya boleh dipakai malam hari pada area breakout.

Cara Mencegah Bruntusan

Conceptual of woman trying to applying acne cream on her face.Ilustrasi. Ada beberapa cara mencegah bruntusan yang bisa Anda coba. (iStockphoto/Boyloso)

Meski dapat diatasi dengan pemakaian salep atau skincare, bruntusan sebenarnya dapat dicegah terlebih dulu. Adapun cara mengatasinya seperti berikut.

- Melakukan tes alergi untuk mengetahui kondisi asli kulit. Misalnya sensitif atau tidak terhadap bahan-bahan aktif tertentu;
- Memakai skincare berlabel hypoallergenic supaya tidak menyebabkan alergi pada kulit;
- Memakai skincare sesuai kebutuhan kulit.

Itu-lah beberapa rekomendasi salep bruntusan di wajah sekaligus cara mencegahnya yang bisa menjadi langkah antisipasi.

Klik di sini untuk artikel selengkapnya.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER