4 Cara Kumur yang Efektif buat Cegah Ketularan Covid-19

tim | CNN Indonesia
Kamis, 17 Feb 2022 05:50 WIB
Berkumur dipercaya bisa mencegah penularan Covid-19. Tak hanya itu, berkumur juga dianjurkan dilakukan pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri. Berkumur dipercaya bisa mencegah penularan Covid-19. Tak hanya itu, berkumur juga dianjurkan dilakukan pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri. (iStockphoto/Tharakorn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berkumur dipercaya bisa mencegah penularan Covid-19. Tak hanya itu, berkumur juga dianjurkan dilakukan pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Dokter Gigi yang juga merupakan staf pengajar di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Andrianto Soeprapto mengatakan virus Covid-19 varian apapun, termasuk Omicron rentan terhadap Oksidasi.

"Bahkan ADA dan CDC juga merekomendasikan berkumur sebelum tindakan medis di rongga mulut menggunakan hidrogen peroksida atau iodine povidone," kata Andri dalam webinar pengaruh berkumur Iodin terhadap nilai CT di RSUP Persahabatan, Rabu (16/2).

Berkumur ini menurut dia bisa dilakukan sebagai tindakan preventif atau pencegahan sekaligus perawatan non farmakologi pada penderita Covid-19.

Berikut tips agar tidak terpapar Covid-19 terutama varian Omicron dengan cara berkumur.



1. Berkumur setiap habis keluar rumah

Setiap kali habis beraktivitas di luar rumah, langsung berkumur ketika pulang. Berkumur sama pentingnya dengan mencuci tangan karena bisa membersihkan virus yang baru bersarang di tenggorokan

2. Berkumur selama satu menit dan tiga kali sehari

Berkumur selama 30 detik di rongga belakang mulut dan 30 detik di tenggorokan belakang. Ini dilakukan tiga kali dalam sehari.

3. Lakukan 5 hari berturut-turut

Saat terpapar Covid-19, lakukan terapi ini selama lima hari untuk melihat CT valuenya apakah mengalami peningkatan saat tes PCR.

4. Gunakan 15 ml Iodine Povidone

Iodine Povidone adalah produk yodium yang biasanya digunakan dalam larutan antiseptik untuk mendesinfeksi luka ringan pada kulit. Cairan ini bisa digunakan untuk berkumur demi mencegah terpapar Covid-19.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER