Waktu Ideal Boleh Tidur Lagi Setelah Sahur

tim | CNN Indonesia
Rabu, 06 Apr 2022 03:37 WIB
Langsung tidur setelah sahur memang tak disarankan. Tapi ada waktu ideal agar Anda tetap sehat meski tidur lagi setelah sahur. Foto: iStockphoto/FreshSplash
Jakarta, CNN Indonesia --

Bulan puasa baru dimulai. Rasa kantuk yang luar biasa kerap memaksa orang untuk kembali beranjak tidur, padahal baru saja makan sahur. Ada bahaya langsung tidur setelah sahur. Tapi kapan waktu ideal tidur setelah sahur?

Tak dimungkiri, tubuh pun masih beradaptasi dengan perubahan jam makan apalagi waktu sahur.

Akan tetapi, langsung tidur setelah sahur bisa mengganggu pencernaan dan tidak jarang timbul masalah kesehatan lain. Akan tetapi ini tak berarti Anda sama sekali tak boleh tidur setelah makan sahur. Ada waktu ideal usai sahur agar Anda bisa tidur nyenyak dan juga tetap sehat.

Waktu ideal tidur setelah sahur tergantung dari jenis makanan yang Anda makan sebelumnya.

Seperti dikutip dari Livescience, jika asupan sahur berupa karbohidrat, protein dan sayuran, perlu waktu sekitar 3 jam agar makanan turun sempurna dari lambung. Oleh karenanya, usahakan untuk tetap aktif setidaknya selama 3 jam setelah santap sahur

Kalau Anda nekat langsung tidur setelah sahur, setidaknya ada beberapa masalah kesehatan yang mengintai.

Posisi berbaring setelah makan akan membuat makanan yang masih di lambung naik ke kerongkongan. Makanan ini sedang dalam proses cerna sehingga mengandung asam lambung. Asam lambung yang naik ke kerongkongan akan merusak jaringan kerongkongan, rasa tidak nyaman di perut hingga heartburn (sensasi panas di dada).

1. GERD

Saat ini jadi kebiasaan, ada risiko terkena GERD atau gastroesophageal reflux disease. GERD merupakan kondisi saat asam lambung naik atau berbalik (refluks) ke kerongkongan. Jika ini dibiarkan, GERD akan memicu komplikasi.

2. Sakit tenggorokan

Asam lambung yang berbalik ke kerongkongan akan mengiritasi jaringan. Akibatnya, timbul sakit tenggorokan, batuk kering dan mengi. Efek lanjutan dari GERD biasanya berupa rasa panas di dada, sakit tenggorokan, mual hingga muntah.

Kapan Boleh Tidur Lagi Usai Sahur?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER