TAJIL

Jodoh Tak Perlu Dikejar, Tapi Diyakini

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 09 Apr 2022 04:00 WIB
Jodoh menjadi rahasia Allah SWT. Manusia hanya bisa meyakini bahwa pasti ada seseorang yang diciptakan untuk menjadi jodohnya. Ilustrasi. Manusia hanya bisa meyakini bahwa pasti ada seseorang yang diciptakan untuk menjadi jodohnya. (iStock/Irina Gutyryak)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama bulan Ramadan 2022, CNNIndonesia.com menghadirkan program tanya jawab seputar Islam atau Tajil. Kali ini, tanya jawab seputar Islam berbicara mengenai konsep jodoh.

Tanya
Bagaimana cara agar didekatkan dengan jodoh?

Jawab
Narasumber: Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rumadi Ahmad


Assalamualaikum Wr. Wb.

Bagaimana cara agar Allah SWT mendekatkan kita dengan jodoh?

Perjodohan itu merupakan salah satu misteri dalam kehidupan. Hampir kita semua tidak tahu siapa yang kelak akan menjadi jodohnya. Siapa jodoh kita masih menjadi rahasia Tuhan.

Tapi, Allah SWT di dalam Al-Qur'an, menjanjikan supaya masing-masing kita itu ditakdirkan mempunyai pasangan. Hal itu menjadi salah satu tanda-tanda kebesaran Allah SWT.

Maka dari itu, yakinlah bahwa pasti ada seseorang yang diciptakan untuk menjadi jodoh kita.

romantic couple in love sitting together on rope swing at sunset beach, silhouettes of young man and woman on holidays or honeymoonIlustrasi. Allah SWT menciptakan manusia saling berjodoh. (Istockphoto/anyaberkut)

Sejumlah ayat [dalam Al-Qur'an] menunjukkan bahwa Allah SWT mentakdirkan setiap kita berpasangan.

Mengapa? Karena dengan hidup berpasangan, yang dihalalkan dalam pernikahan, adalah bagian dari skenario Allah SWT untuk melestarikan kehidupan.

Namun, setelah pernikahan, akan terjadi banyak gelombang persoalan baru yang kita hadapi.

Oleh karena itu, siapa pun yang mau membangun komitmen kehidupan bersama pasangan perlu mengokohkan fondasi. Agar kelak jika bertemu jodoh, kita punya kesiapan mental untuk menghadapi berbagai gelombang kehidupan.

Kita juga harus senantiasa berdoa mudah-mudahan ditemukan dengan jodoh dan diberikan kekuatan untuk menghadapi kehidupan di masa yang mendatang.

Demikian, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER