5 Kurma Termahal di Dunia, Nyaris Rp400 Ribu per Kg

tim | CNN Indonesia
Jumat, 15 Apr 2022 07:53 WIB
Kurma menjadi salah satu makanan yang digemari saat bulan Ramadan. Berikut beberapa jenis kurma termahal di dunia. Kurma menjadi salah satu makanan yang digemari saat bulan Ramadan. Berikut beberapa jenis kurma termahal di dunia. (iStockphoto/Rizal Mansor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kurma menjadi salah satu makanan yang digemari saat bulan Ramadan. Berikut beberapa jenis kurma termahal di dunia.

Tak cuma kandungan gulanya yang baik untuk mengganti energi setelah berpuasa, kurma juga menjadi salah satu makanan berpuasa sesuai sunnah Nabi.

Hanya saja kurma yang tersedia di pasaran semuanya bukan hanya satu jenis saja. Kurma memiliki banyak varian berdasarkan rasa, tekstur, sampai negara penghasilnya.

Variasi harganya juga bermacam-macam, dari yang paling murah sampai paling mahal. Namun apa saja jenis kurma termahal di dunia?

Insinyur Salah Abdullah Al Mousa, Penjabat Direktur, Penelitian Pertanian di Kementerian Perubahan Iklim dan Lingkungan (MOCCE) kepada Gulf News mengungkapkan ada beberapa alasan mengapa kurma bisa punya harga yang mahal.

"Beberapa kurma membutuhkan biaya yang besar karena proses menanamnya membutuhkan waktu dan tenaga serta kondisi pertumbuhan yang spesifik," ungkapnya.

Pohon kurma Mejdool, misalnya, membutuhkan iklim yang sangat kering, tetapi juga sumber air.Kekhususan daerah untuk menanam menyebabkan tanaman lebih kecil atau produksi terbatas.

Otoritas Pengawasan Makanan Abu Dhabi (ADFCA) mengungkapkan bahwa bentuk, ukuran, dan rasa menentukan kualitas dan harga kurma.

"Tingginya permintaan beberapa varietas dengan ketersediaan terbatas di pasar, rendahnya produksi beberapa varietas, metode dan mekanisme yang digunakan dalam operasi pasca panen seperti pengeringan dan pengemasan dll., juga berperan dalam harga, kata Thamer Al Qasimi, direktur Komunikasi dan Departemen Pelayanan Masyarakat di ADFCA.

Berikut lima kurma termahal di dunia, pada 2017 lalu.

1. Kurma Mejdool

Menurut Pusat Layanan Petani Abu Dhabi (ADFSC), Majdool (juga dikenal secara lokal sebagai Majhool) adalah kurma yang paling mahal.

Kurma ini memiliki panjang hampir dua inchi. Pada 2017 lalu harga per kilonya mencapai 100 dirham per kilo (atau sekitar Rp391 ribu) di pasar lokal.

Kurma ini termasuk dalam buah segar. Kurma Medjool memiliki rasa yang kaya dan tingkat kemanisan seperti karamel. Teksturnya kenyal namun lembut.

Medjool dikenal sebagai 'Ratu Kurma' karena ukurannya besar dengan rasa manis yang cukup kuat, namun bertekstur lembut. Kurma Medjool merupakan jenis kurma yang sering disantap sebagai makanan sehat.

Kurma Medjool tinggi kalsium dan zat besi sehingga dalam satu porsi kurma mampu memberikan 20 persen serat makanan harian Anda. Akan tetapi mengingat manisnya yang cukup kuat, penderita diabetes dianjurkan tidak mengonsumsi kurma Medjool.

2. Kurma Sukkari

Whole date isolated on white backgroundKurma sukkari menjadi salah satu jenis kurma termahal di dunia. (iStockphoto/Getty Images/bigacis)

Nama sukkari berasal dari kata 'sukkur' yang dalam bahasa Arab berarti gula. Daging buah kurma sukkari bertekstur renyah dan manis sehingga populer dijadikan sebagai makanan penutup.

Kurma ini memiliki bentuk bulat dengan warna kuning keemasan. Banyak orang suka memakannya langsung atau dijadikan isian roti, topping sereal, atau dijus.

Simak jenis kurma termahal di dunia berikutnya di halaman selanjutnya.

Jenis Kurma Termahal di Dunia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER