6 Tips Tetap Santai dan 'Cool' saat Ditanya 'Kapan Kawin'

CNN Indonesia
Senin, 02 Mei 2022 09:20 WIB
Pernyataan-pertanyaan menyebalkan, seperti 'kapan kawin', biasanya akan muncul saat momen kumpul keluarga Lebaran. Bagaimana cara mengatasinya? Pernyataan-pertanyaan menyebalkan, seperti 'kapan kawin', biasanya akan muncul saat momen kumpul keluarga Lebaran. Bagaimana cara mengatasinya? (iStock/ferlistockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pada momen Idulfitri, Anda akan berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terdekat. Pertanyaan-pertanyaan aneh biasanya akan muncul dalam momen ini.

Salah satunya adalah pertanyaan 'kapan kawin' yang kerap dilontarkan untuk anggota keluarga yang masih melajang. Atau, pertanyaan 'kapan punya anak' untuk anggota keluarga yang menikah tapi tak kunjung memiliki momongan.

Pertanyaan-pertanyaan di atas kerap menimbulkan suasana canggung. Anda tentu tidak ingin terjebak dalam kecanggungan tersebut.


Untuk itu, ada baiknya sebelum bertemu dengan keluarga besar di hari raya nanti, persiapkan beberapa hal di bawah agar momen canggung dan pertanyaan menyebalkan tidak merusak hari raya Anda.

1. Tidak usah menjawab

Anda tidak wajib memberikan detail cerita kehidupan pada orang lain meski ditanya. Jika Anda tidak ingin membaginya, jangan jawab pertanyaan-pertanyaan menyebalkan mereka.

Dikutip dari The Every Mom, jika seseorang bertanya kapan Anda akan menikah, kapan Anda punya bayi atau pertanyaan lainnya, tanggapi dengan sederhana. Sebut saja bahwa Anda tak ingin membicarakannya, lalu ubah topik menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan.

2. Hubungi teman

[foto]

Ketika Anda merasa jengkel, menghubungi teman bisa jadi solusi yang bagus. Bicarakan hal-hal yang membuat Anda jengkel dalam acara keluarga tersebut. Cara ini secara otomatis bisa membuat Anda merasa lebih baik.

3. Batasi interaksi

Anda sebenarnya bisa membatasi interaksi dengan orang tertentu yang mengganggu.

Dikutip dari Psychology Today, tak masalah jika Anda bersikap sopan, mendengarkan apa yang mereka bicarakan untuk sebentar saja, lalu berpindah ke tempat lain.

4. Berpikir sebelum bicara

Berpikirlah sebelum berbicara. Dikutip dari The Glitter Guide, pikirkan tentang setiap percakapan canggung yang pasti akan terjadi dan buat rencana tentang bagaimana Anda menanganinya. Ingat, hindari cara-cara yang cenderung kasar dalam menanganinya.

5. Tarik napas

Menjauhlah untuk mencari udara segar. Keluar ruangan sejenak, tarik napas mendalam, hitung sampai 100 dan kembali ke dalam.

Atau, Anda juga bisa bersembunyi di kamar mandi selama beberapa menit. Meski aneh, namun kamar mandi sebenarnya merupakan tempat pelarian yang cukup bagus.

6. Fokus pada hal yang penting

Jangan buang energi Anda untuk mengkhawatirkan situasi-situasi menyebalkan yang terjadi.

Alih-alih terus memikirkan hal-hal menyebalkan yang dikatakan, lebih baik fokus pada hal-hal positif yang terjadi pada pertemuan tersebut.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER