KULINER JALUR MUDIK

11 Kuliner Enak di Banjarnegara, Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta

tim | CNN Indonesia
Kamis, 05 Mei 2022 16:44 WIB
Terdapat sejumlah wisata kuliner enak di Banjarnegara, Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta. Apa saja? Terdapat sejumlah wisata kuliner enak di Banjarnegara, Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta. Apa saja? (iStockphoto/Getty Images/MielPhotos2008)
Jakarta, CNN Indonesia --

Idulfitri selalu identik dengan pekerja atau perantau yang pulang ke kampung halaman atau mudik. Pemudik bisa menggunakan berbagai transportasi, baik darat, udara, maupun laut.

Jika mudik menggunakan transportasi darat, tak ada salahnya Anda berhenti sejenak untuk menikmati berbagai kuliner. Makanan di sepanjang jalur mudik biasanya tak kalah nikmat dibanding yang ada di restoran ternama di kota.

Jika mudik melintasi Banjarnegara, Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta, maka Anda bisa mencicipi kuliner di kota tersebut. Keempat kota ini memiliki kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan.


Berikut kuliner enak di Banjarnegara, Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta.

Kuliner Banjarnegara

Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki wisata alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui keindahannya.

Banjarnegara juga mempunyai banyak dan beragam kuliner, mulai dari makanan ringan dan makanan
berat yang bisa memanjakan lidah.

1. Tahu Sumedang

Tahu sumedang merupakan makanan khas dari Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Meski berasal dari Sumedang, tahu ini bisa ditemukan di daerah lainya termasuk Purwokerto.

Bagian luar tahu sumedang terasa renyah, sedangkan bagian dalamnya terasa lembut. Tahu sumedang biasanya disantap dengan lontong sera sambal yang terbuat dari cabai, tomat, dan tauco.

Salah satu tempat yang menyajikan ini adalah Oemah Tahu Sumedang Mang Eman yang terletak di Jalan Raya Brengkok, Sigaluh, Banjarnegara.

Tahu Sumedang, the popular street food of deep-fried bean curd from Sumedang, West Java. Served in a natural wooden bowl. Further back in the background, there are partial view of a bowl of green chili peppers and a small plate of individual serving of the bean curd.Tahu Sumedang  jadi salah satu kuliner enak yang bisa Anda coba saat melewati Banjarnegara. (iStockphoto/MielPhotos2008)

2. Kluban

Kluban terdiri dari berbagai sayuran seperti kacang panjang, nangka muda, taoge, timun, kol, dan sawi. Makanan ini biasanya dilengkapi bumbu yang menggunakan cabai merah, terasi, kencur, garam dan gula. Kluban juga kerap disajikan dengan kerupuk yang renyah.

3. Ayam Ingkung

Makanan ini menghadirkan ayam kampung utuh yang dimasak dengan kuah kaldu ayam. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai lauk tumpeng.

Ayam ingkung sudah ada sejak kerajaan Jawa dipengaruhi oleh agama Hindu. Dahulu, ayam ini disajikan sebagai lauk dalam prosesi adat Jawa.

Boiled whole chicken is a Javanese Traditional dish, served in a large white bowl, which is Cooked for Celebration Rituals in Javanese Culture.Ayam Ingkung jadi salah satu kuliner enak yang bisa Anda coba saat melewati Banjarnegara. (iStockphoto/Ariawan Armoko)

Kuliner Purworejo

Purworejo dikenal akan tempat wisata dan makanan khas yang nikmat. Harga kuliner di kota ini juga terjangkau sehingga saat tepat dinikmati saat perjalanan mudik.

4. Dawet Ayu dan Dawet Ireng

Minuman ini mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional Jawa Tengah. Dawet Ayu menggunakan tepung beras dan tepung beras ketan sebagai bahan dasar. Minuman ini juga dilengkapi santan, dan gula aren.

Sementara dawet ireng merupakan es cendol khas Purworejo. Butiran dawet berwarna hitam abu bakar jerami yang dicampur dengan air sehingga menghasilkan air berwarna hitam. Air ini kemudian digunakan sebagai pewarna dawet.

Tidak jauh berbeda dengan cendol lainnya, dawet ireng berbahan dasar tepung beras. Kuahnya dari santan kelapa dan gula jawa yang dilengkapi daun pandan.

Sajian ini bisa ditemukan di warung Dawet Pos di Jalan Ahmad Yani, Purworejo.

5. Sate dan Gulai Kambing Muda

Aneka olahan daging kambing seperti sate dan gulai kambing bisa ditemukan di Purworejo. Daging kambing baik dikonsumsi karena tinggi zat besi dan protein.

Meski demikian, alangkah baiknya untuk tetap mengontrol asupan daging kambing untuk menjaga kesehatan Anda. Perlu diingat, menyantap apapun yang berlebihan tak baik untuk kesehatan.

Salah satu restoran yang menyajikan olahan daging kambing adalah warung Pak Ahmad Keri Winong yang terletak di Winong, Kemiri, Purworejo.

Simak kuliner enak di Magelang dan Yogyakarta di halaman berikut.

Kuliner enak di Magelang dan Yogyakarta

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER