Dress Code Met Gala 2022: Gilded Glamour and White Tie

tim | CNN Indonesia
Jumat, 29 Apr 2022 17:35 WIB
Metropolitan Museum of Art's Costume Institute mengumumkan dress code untuk Met Gala 2022 yaitu Gilded Glamour and White Tie. Ilustrasi fashion selebriti di Met Gala. (Evan Agostini/Invision/AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Metropolitan Museum of Art's Costume Institute mengumumkan dress code untuk Met Gala 2022 yaitu Gilded Glamour and White Tie.

Dress code tersebut mengacu pada era fesyen yang sangat mewah pada dekade terakhir abad 19, ketika industrialisasi dengan cepat memperbesar kesenjangan. Pada era ini perempuan-perempuan mengenakan korset bertulang dan bustles atau lapisan tambahan yang membuat gaun terlihat mengembang, terutama di bagian belakang.

"Ini sangat indah, sangat megah, dan sangat terstruktur," kata kurator sekaligus sejarawan fesyen, Kate Strasdin, dikutip dari CNN. "Rasanya sangat berlapis dibandingkan dengan cara kita berpikir tentang busana masa kini."


Adapun tema Met Gala 2022 adalah In America: An Anthology of Fashion. Gelaran ini menandai bagian kedua dari pameran Costume Institute yang dibuka September lalu.

Undangan Met Gala 2022 juga memberikan instruksi khusus untuk mengenakan dasi putih, bukan dasi hitam.

Dipopulerkan Mark Twain

Gilded Glamour berasal dari istilah "Gilded Age" yang dipopulerkan oleh Mark Twain. Gilded Age mengacu pada periode waktu dari 1870 hingga 1890 ketika inovasi Amerika dan masyarakat kelas atas New York berkembang pesat.

Pada masa tersebut, keluarga terkenal seperti Frick, Astor, Carnegie, Rockefeller, hingga Vanderbilt mulai membangun infrastruktur negara. Sosialita pada zaman itu seperti Caroline Schermerhorn Astor dan Alva Vanderbilt juga menguasai New York.

Di balik gaun yang mewah, perempuan Amerika di era itu mengenakan pakaian dalam yang rumit. Beberapa di antaranya termasuk korset, bantalan bahu, hingga bantalan rok.

Pakaian pria juga sangat formal dengan tuxedo yang baru populer pada 1880-an dan menjadi pakaian standar untuk pria dari kalangan atas.

Korset sendiri sudah dipakai dalam busana artis di ajang bergengsi belakangan ini. Beberapa di antaranya seperti Olivia Rodrigo, Doja Cat, hingga Dua Lipa memakai barang fesyen tersebut di Grammy 2022.

Met Gala digelar pada senin pertama Mei, tepatnya Senin (2/5) mendatang. Ajang bergengsi dari dunia mode itu bakal bertempat di The Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat.

(frl/vws)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER