50 Bar Terbaik Asia Dirilis, Satu Bar Asal Jakarta

CNN Indonesia
Sabtu, 30 Apr 2022 19:10 WIB
Salah satu bar asal Jakarta masuk dalam daftar 50 bar terbaik di Asia di antara dominasi bar-bar terbaik dari Hong Kong dan Singapura. Salah satu bar asal Jakarta masuk dalam daftar 50 bar terbaik di Asia di antara dominasi bar-bar terbaik dari Hong Kong dan Singapura. (AFP/Stefani Reynolds).
Jakarta, CNN Indonesia --

William Reed, perusahaan konsultan dan penerbit, merilis Asia's 50 Best Bar pada tahun ini. Dari 50 bar terbaik di Asia, terselip satu nama bar dari Jakarta, yakni The Cocktail Club.

Padahal, bar yang terletak di Senopati, Jakarta Selatan, tersebut baru saja dibuka pada 2021 lalu atau di tengah tahun pandemi.

The Cocktail Club berada di lantai pertama di atas bistro di lingkungan Senopati yang ramai, tim bartending veteran bar telah menciptakan menu menggiurkan yang menampilkan bahan-bahan lokal dan menghadirkan kombinasi rasa baru.


Menu yang ditawarkan pun lumayan unik, seperti Batavia Milk Punch, yang dibuat dengan alkohol khas Minahasa Cap Tikus.

Ada pula Sopi Susu, minuman signature terbaru yang diracik kepala bartender Mirwansyah 'Bule'. Minuman ini memadukan fortified marshmallow, gin, dan krim kakao.

Untuk tamu yang kurang suka berpetualang lewat 'minuman', The Cocktail Club menyajikan minum kopi Irlandia atau martini kering, yang dituangkan langsung dari freezer dan ditemani telur puyuh rebus.

The Cocktail Club menjadi satu-satunya bar asal Jakarta di daftar 50 bar terbaik di Asia. Daftar ini masih didominasi oleh bar asal Hong Kong dan Singapura.

Coa, bar di Hong Kong, tersebut berhasil memegang peringkat pertama selama dua tahun berturut-turut, 2019 dan 2022.

Melansir CNN, Coa merupakan bar dengan interior bergaya industri yang diterangi lilin, dinamai dari alat mirip parang yang digunakan untuk memanen agave, tanaman dari mana mezcal dan tequila disuling.

Kedua minuman beralkohol ini menonjol dalam koktail Coa, termasuk La Paloma de Oaxaca, yang mencakup campuran mezcal dan tequila berduri grapefruit.

Sementara, posisi kedua dipegang oleh Jigger & Pony asal Singapura, yang terletak di Amara Hotel. Bar yang dinamai alat pengukur kerucut ganda yang digunakan bartender untuk membuat alkohol tersebut menawarkan 24 menu koktail.

Kemudian, di posisi ketiga ada Argo, bar asal Hong Kong yang menawarkan koktail unik, seperti gin buatan AI hingga whisky yang difermentasi dengan molekul (molecular-aged whisky).

Sementara itu, satu-satunya bar 10 besar yang tidak berada di kota besar, Tesouro, dibuka selama pandemi di desa pantai Colva di Goa, India.

Duduk di nomor empat dalam daftar tahun ini, Tesouro menampilkan elemen desain Goan-Portugis dan koktail yang dibuat dengan rum khas.

Asia's 50 Best Bar dirilis setiap tahun. Tapi, penobatan bar terbaik ini sempat terhenti, terakhir pada 2019 lalu sebelum pandemi covid-19 menyebar luas.

(wel/bir)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER