Mengenal Adenovirus, Penyebab Hepatitis Misterius di Berbagai Negara

CNN Indonesia
Selasa, 03 Mei 2022 15:20 WIB
Hepatitis misterius yang disebabkan oleh adenovirus telah mengakibatkan 3 anak Indonesia meninggal. Berikut seluk beluk Adenovirus. Hepatitis misterius yang disebabkan oleh adenovirus telah mengakibatkan 3 anak Indonesia meninggal. Ilustrasi. ( IStockphoto/Hispanolistic).
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa anak di Inggris, Jepang, Amerika Serikat, Israel, dan belasan negara lainnya terserang hepatitis misterius.

World Health Organization (WHO) mengungkapkan kemungkinan Adenovirus sebagai salah satu penyebab infeksi hepatitis misterius.

Ihwalnya, 74 dari total 169 kasus terkonfirmasi disebabkan Adenovirus.


Lalu apa Adenovirus?

Adenovirus sendiri adalah kelompok besar virus yang dapat menginfeksi hewan dan manusia. Disebut sebagai Adenovirus sebab mereka biasa berada di adenoids atau amandel.

Adenovirus memiliki setidaknya tujuh spesies berbeda dengan berbagai varian genetik. Nantinya, varian ini disebut sebagai subtipe. Subtipe yang diduga terkait dengan wabah hepatitis misterius pada anak-anak saat ini adalah adenovirus Subtipe 41.

Subtipe 41 termasuk dalam kelompok adenovirus yang berkaitan dengan gastroenteritis ringan hingga sedang dengan gejala diare, muntah, dan sakit perut. Pada kebanyakan orang dewasa, adenovirus ini hanya menjadi gangguan kecil dan bisa berakhir dalam satu atau dua minggu.

Layanan Kesehatan Nasional Skotlandia mengungkapkan tidak ada pola yang terlihat dari anak-anak penderita hepatitis misterius ini. Mulai dari usia rata-rata saat masuk rumah sakit, etnis atau jenis kelamin tertentu, tak bisa dipetakan polanya. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Salah satu vaksin Covid-19, yang mengandung adenovirus, sempat dipertanyakan dampaknya dengan wabah hepatitis misterius ini. Namun, dalam kasus di Inggris, diketahui tidak ada penerima vaksin mengandung adenovurus yang terpapar hepatitis.

Sejauh ini, para peneliti masih melakukan riset untuk menemukan penyebab langsung antara adenovirus 41 dan kasus hepatitis misterius ini seperti faktor komplikasi.

Para ilmuwan pun masih melakukan penelitian untuk menemukan susunan genetik virus. Selain itu, juga perlu dilakukan pengambilan sampel untuk mendapatkan gambaran mengenai adenovirus 41 di wilayah tertentu dibanding wilayah lain.

(cyn/agt)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER