Sandiaga Uno Respons soal Bule Rusia Berpose Telanjang di Bali

CNN Indonesia
Selasa, 10 Mei 2022 12:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, kasus bule telanjang di Bali terjadi karena kurangnya pemahaman pelancong akan norma-norma yang berlaku di Indonesia. Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, kasus bule telanjang di Bali terjadi karena kurangnya pemahaman pelancong akan norma-norma yang berlaku di Indonesia. (Arsip Menparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merespons kasus bule Rusia yang berpose telanjang di pohon sakral kawasan suci Pura Babakan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

Sandi mengungkapkan, kejadian tersebut bisa terjadi karena kurangnya pemahaman wisatawan mancanegara akan norma-norma yang berlaku di destinasi wisata Indonesia.

Oleh karena itu, Sandi berharap setiap pihak dapat mensosialisasikan norma yang berlaku di Indonesia dan memberikan edukasi kepada para wisatawan mancanegara. Sosialisasi dan edukasi harus dilakukan dengan tetap mempertahankan unsur keramahtamahan.


"Ini yang harus kita lakukan, edukasi, karena mungkin di negara asal mereka tidak berlaku norma-norma seperti itu. Apalagi edukasi ini harus kita lakukan dengan penuh pembinaan agar ini tidak merusak reputasi kita dalam keramahtamahan dan tentunya dalam pemulihan ekonomi kita," ujar Sandi dalam dalam Weekly Press Brief Kemenparekraf, Senin (9/5).

Sandi juga mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi pada pelancong yang berkunjung ke Indonesia untuk memahami norma-norma yang berlaku. Sosialisasi akan dilakukan baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Sosialisasi akan dilakukan tidak hanya dengan Bahasa Inggris, tetapi juga bahasa negara lainnya. Sosialisasi juga akan melibatkan para tour guide di destinasi wisata.

"Mungkin wisatawan mancanegara lain perlu pendekatan melalui media sosial. Dan juga diarahkan para tour guide, karena menurut saya, ini juga peran guide," ujar Sandi.

Sementara itu, Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani mengungkapkan, wisatawan yang berpose telanjang di Bali telah mendapatkan sanksi. Namun, kejadian ini disebut menjadi pekerjaan rumah bagi setiap pihak untuk lebih memberikan sosialisasi bagi para wisatawan mancanegara.

Ia juga mengungkapkan, kode etik pariwisata harus menjadi acuan semua pihak, bukan hanya pengelola destinasi wisata, tetapi juga para pelancong.

"Jadi ada do's and don'ts yang harus dipatuhi wisatawan, tetapi tugas tuan rumah juga untuk menyampaikan apa yang boleh dan apa yang tidak. Namun, ini yang agak kurang barangkali ada di destinasi tersebut," ujarnya.

Saat ini, pihak imigrasi Bali telah mendeportasi bule Rusia, Alina Fazleeva (28) yang berpose telanjang. Alina dipulangkan ke negara asalnya bersama suami, Amdrei Fasleev (36).

(fby/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER