Alasan Anda Selalu Mengantuk Setelah Makan

tim | CNN Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 14:35 WIB
Habis makan siang terbitlah kantuk. Namun pernahkah Anda berpikir kenapa mata cenderung ngantuk usai makan? Habis makan siang terbitlah kantuk. Namun pernahkah Anda berpikir kenapa mata cenderung ngantuk usai makan?(Istockphoto/cyano66)
Jakarta, CNN Indonesia --

Habis makan siang terbitlah kantuk. Namun pernahkah Anda berpikir kenapa mata cenderung ngantuk usai makan?

"Perasaan mengantuk setelah makan bisa disebabkan oleh perubahan hormon di tubuh dan adanya perubahan aliran darah di otak," kata dia kepada Antara.

Diungkapkannya, saat makan makan, maka pencernaan di tubuh akan bekerja. Aliran darah pun akan lebih banyak dialihkan ke sistem pencernaan agar dapat terproses dengan baik.


"Ketika hal ini terjadi, aliran darah di otak akan berkurang dan menyebabkan perasaan mengantuk," ujar dia.

Untuk mengatasi hal ini, dia menyarankan untuk mengurangi porsi makan. Makanlah dalam jumlah yang sedikit namun frekuensi yang sering. Makan dalam jumlah besar akan menyebabkan perasaan mengantuk.

Selain soal porsi, perasaan mengantuk usai makan juga bisa dipengaruhi oleh jenis makanan yang Anda santap. Irtya menuturkan, makanan yang tinggi kandungan karbohidrat terutama karbohidrat sederhana misalnya yang mengandung tinggi gula bisa menimbulkan rasa kantuk usai dikonsumsi.

Selain itu, makanan dengan kandungan asam amino triptofan yang biasanya ada pada makanan tinggi protein juga dapat memicu produksi serotonin yang bikin ngantuk.

Beberapa di antaranya adalah bayam, kedelai, telur, keju, tahu, dan ikan.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER