6 Cara Agar Hewan Peliharaan Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas

tim | CNN Indonesia
Senin, 16 Mei 2022 17:30 WIB
Jabodetabek diselimuti cuaca panas yang cukup ekstrem dalam beberapa hari terakhir. Kondisi ini tidak hanya memengaruhi manusia, tetapi juga hewan peliharaan. Jabodetabek diselimuti cuaca panas yang cukup ekstrem dalam beberapa hari terakhir. Kondisi ini tidak hanya memengaruhi manusia, tetapi juga hewan peliharaan. (REUTERS/EVGENIA NOVOZHENINA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jabodetabek diselimuti cuaca panas yang cukup ekstrem dalam beberapa hari terakhir. Kondisi ini tidak hanya memengaruhi manusia, tetapi juga hewan peliharaan.

Sebagai pemilik, Anda tentu bertanggung jawab membuat hewan peliharaan merasa nyaman termasuk saat cuaca panas. Kondisi cuaca yang terlalu panas dapat membuat hewan dehidrasi hingga mengalami serangan panas.

Lantas bagaimana agar hewan peliharaan tetap sejuk saat cuaca panas?


1. Rendam kaki anjing

Arahkan anjing untuk merendam kakinya secara perlahan ke dalam air untuk mengatur suhu tubuh. Biarkan anjing berdiri dengan kaki di air dingin untuk sementara waktu, sambil Anda memantau suhu tubuhnya dengan termometer.

Anda tidak dianjurkan untuk merendam seluruh tubuh anjing ke dalam air. Jika anjing benar-benar kepanasan atau hampir terkena serangan panas, tindakan tersebut akan memperburuk keadaan. Menurunkan suhu kulit dan permukaan anjing secara tiba-tiba dapat menyebabkan pemanasan lebih lanjut pada organ internalnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Maura Alvarita Deva, dokter hewan dari Lush Pets Co.

"Mengingat anjing dan kucing mengeluarkan keringat melalui paws mereka, maka disarankan menyediakan cooling pads," ucapnya kepada CNNIndonesia.com.

2. Gunakan handuk basah

Menggunakan handuk yang telah dibasahi atau disimpan di freezer akan membantu pendinginan pada anjing. Handuk bisa diletakkan di kepala, leher atau atau selangkangan yang menjadi tempat beberapa pembuluh darah besar hidup.

"Gunakan perlengkapan atau makanan untuk mendinginkan tubuh hewan, seperti diselimuti dengan handuk basah atau berikan treats dingin, seperti es krim terbuat dari bahan-bahan yang memang aman dikonsumsi untuk hewan peliharaan," ucap Oktavia Pusparini dokter hewan dari Lush Pets Co.

HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER