Mengenal Koma 17 Tahun yang Dialami Pangeran Arab Saudi Al Waleed

tim | CNN Indonesia
Rabu, 11 Mei 2022 19:17 WIB
Pangeran Al Waleed bin Khaled bin Talal, Pangeran Arab Saudi alami koma 17 tahun. Dia koma setelah mengalami kecelakaan mobil di 2005 lalu. ( Tangkapan layar Twitter @Rima_Talal via Detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pangeran Al Waleed bin Khaled bin Talal, Pangeran Arab Saudi alami koma 17 tahun. Dia koma setelah mengalami kecelakaan mobil di 2005 lalu.

Pangeran tersebut bahkan dijuluki pangeran tidur karena mengalami koma sejak 2005 hingga saat ini. Kenapa seseorang bisa mengalami koma hingga bertahun-tahun seperti yang dialami pangeran Arab Saudi Al Waleed bin Khaled bin Talal?

Dilansir dari Mayo Clinic, koma merupakan kondisi tidak sadar berkepanjangan yang dialami seseorang akibat berbagai masalah kesehatan seperti cedera kepala traumatis, stroke, tumor otak, keracunan obat atau alkohol, bahkan diabetes atau infeksi juga bisa menyebabkan koma.


Koma tergolong dalam keadaan darurat medis. Tindakan cepat diperlukan untuk menjaga kehidupan dan fungsi otak. Dokter biasanya melakukan serangkaian tes darah dan pemindaian otak untuk mencoba menentukan apa penyebab koma sehingga perawatan yang tepat dapat dimulai.

Koma sebenarnya jarang berlangsung lama hingga bertahun-tahun seperti yang dialami Al Waleed bin Khaled bin Talal. Biasanya saat seseorang koma hingga bertahun-tahun dia telah beralih ke keadaan vegetatif yang persisten atau kematian otak.

Jenis koma

Meskipun tampak sama, ternyata ada beberapa jenis koma seperti Pangeran Arab Saudi koma 17 tahun.

Dilansir dari WebMD koma terbagi dalam tiga jenis sebagai berikut.

1. Ensefalopati toksik-metabolik

Koma ini tergolong dalam kondisi akut disfungsi otak dengan gejala kebingungan dan atau delirium. Penyebab ensefalopati toksik-metabolik bervariasi termasuk penyakit sistemik, infeksi, kegagalan organ, dan kondisi lainnya.

2. Keadaan vegetatif persisten

Keadaan vegetatif persisten adalah keadaan tidak sadar yang parah. Orang tersebut tidak menyadari lingkungan mereka dan tidak mampu melakukan gerakan sukarela.

Dengan keadaan vegetatif yang persisten, seseorang dapat berkembang menjadi terjaga tetapi tanpa fungsi otak yang lebih tinggi.

3. Diinduksi secara medis

Jenis koma ini sementara atau keadaan tidak sadar yang digunakan untuk melindungi otak dari pembengkakan setelah cedera. Pasien menerima dosis obat bius terkontrol yang menyebabkan kurangnya perasaan atau kesadaran. Dokter kemudian mengamati dengan cermat tanda-tanda vital orang tersebut. Ini hanya terjadi di unit perawatan intensif rumah sakit.

Penyebab Koma

Ada beberapa penyebab paling umum yang bisa membuat seseorang mengalami koma seperti Pangeran Arab Saudi yang koma 17 tahun.

Beberapa penyebab koma

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER