3 Tips Agar Tetap Dapat Kepuasan Seksual di Usia 68 Tahun

CNN Indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022 22:30 WIB
Pasangan yang sudah berusia 65 tahun tetap bisa mendapat kepuasan seksual. Berikut 3 tipsnya. Pasangan yang sudah berusia 65 tahun tetap bisa mendapat kepuasan seksual. (Istockphoto/nemke).
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah usia 65 tahun kebanyakan orang tidak merasakan seks hebat dengan pasangan. Alasan utama mungkin karena di usia ini rata-rata wanita telah mengalami menopause.

Padahal setiap orang berhak mendapatkan seks terbaik mereka, termasuk Anda yang telah memasuki usia 65 tahun. Ahli urologi dan pendidik kesehatan seksual Rena Malik mengutip penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang berusia 65 tahun atau lebih tua masih bisa menikmati seks di atas ranjang.

"Anda masih bisa menikmati seks seiring bertambahnya usia dan memiliki kesejahteraan yang lebih baik secara keseluruhan," kata Malik dilansir dari Men's Health.


Kata dia ada tiga faktor penting yang perlu diperhatikan yakni sebagai berikut.

1. Jangan merasa kesepian

Jika Anda merasa kesepian atau terisolasi, kehidupan seks juga akan terganggu. Memang masuk akal jika seseorang semakin memasuki usia tua akan semakin merasa kesepian.

Untuk itu, penting bagi Anda menghindari perasaan kesepian agar kesehatan dan kehidupan seks tidak terganggu.

2. Hargai kehidupan seksualitas

Orang yang menghargai seksualitas dan pentingnya kehidupan seks yang aktif bisa merasakan kepuasan seks lebih baik.

"Jika Anda memprioritaskan kesehatan seksual, kemungkinan besar Anda akan puas dengannya atau mencoba mencari cara untuk mendapatkan kepuasan," kata Malik.

3. Jangan ada kesenjangan gender

Wanita mengalami banyak perubahan setelah menopause dan perubahan itu dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan, kekeringan, dan hilangnya libido yang semuanya dapat berkontribusi untuk tidak memiliki hasrat atau kenikmatan yang besar saat melakukan aktivitas seksual.

Malik menyarankan wanita di atas 65 tahun yang merasa seperti ini untuk menemui ahli urologi atau ginekolog dan membicarakan gejala ini, karena ada banyak pilihan untuk meningkatkan libido dan mengurangi ketidaknyamanan.

"Kesejahteraan seksual sangat penting. Hanya karena Anda berusia di atas 65 tahun bukan berarti seks tidak penting lagi," kata dia.

(tst/agt)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER