Bacaan Doa dan Zikir ketika Ada Petir

tim | CNN Indonesia
Kamis, 19 Mei 2022 11:30 WIB
Muslim disunahkan untuk membaca doa dan zikir ketika ada petir. Hal ini pun seperti yang diajarkan Rasulullah SAW. Ilustrasi. Muslim disunahkan untuk membaca doa dan zikir ketika ada petir. Hal ini pun seperti yang diajarkan Rasulullah SAW. (istockphotos/mdesigner125)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di musim penghujan, tak jarang turun hujan deras disertai dengan angin kencang dan suara petir yang menggelegar.

Muslim disunahkan untuk membaca doa dan zikir ketika ada petir. Hal ini sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah SAW kepada para sahabatnya. Rasulullah SAW bersabda:

"Bila kalian mendengar petir, maka ingatlah Allah dengan berzikir karena dia tidak akan menyambar orang yang berzikir." (HR. Thabrani)


Dalam Islam, petir tak sekadar dimaknai sebagai fenomena alam, melainkan tanda dari kebesaran Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Kuasa.

Bahkan, terdapat sebuah surat khusus di dalam Alquran yang membahas tentang petir, yaitu surat Ar-Ra'd yang bermakna guruh atau petir. Dalam surat tersebut, Allah SWT berfirman, yang artinya:

"Dialah Tuhanmu yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan, dan Dia mengadakan awan mendung."(Q.S Ar-Ra'd: 12)

Untuk itu, membaca doa dan zikir ketika mendengar petir menjadi amalan sunah yang dapat dikerjakan. Allah SWT juga menjanjikan banyak manfaat kepada orang yang berzikir dan berdoa pada-Nya.

Seperti diberikan ketenangan dan ketenteraman, menghilangkan kegundahan hati, mengusir setan, serta dihapuskan dosa dan diberi ampunan oleh Allah.


Doa dan Zikir ketika Ada Petir

Ilustrasi berdoa dengan tasbihIlustrasi. Bacaan doa dan zikir ketika mendengar petir. (iStock/leolintang)

Berikut doa dan zikir yang bisa dipanjatkan ketika mendengar petir, mengutip NU online.

اَلًلهُمَ لا تقتلنا بغضبك ولا تهلكنا بعذابك وعافنا قبل ذلك

Allahumma la taqtulna bighadhabika wala tuhlikna bi'adzabika wa 'afina qabla dzalika.

Artinya: Ya Allah, janganlah kau matikan kamu dengan kemarahan-Mu, dan janganlah kau rusak diriku dengan siksa-Mu, dan maafkanlah aku sebelum semua itu terjadi.


Selain doa di atas, ada pula zikir saat mendengar petir lainnya yang bisa diamalkan, dikutip dari buku Doa & Wirid yang disusun Yazid bin Abdul Qadir Jawas.

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ra'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

Artinya: Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memuji-Nya, seperti halnya para malaikat, karena takut kepada-Nya.

Demikian doa dan zikir ketika ada petir. Saat turun hujan terlebih jika disertai petir, muslim disarankan untuk menghentikan sejenak aktivitasnya dengan berdoa dan mengucap zikir kepada Allah SWT.

(fef/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER