Doa Qunut Subuh Pendek Beserta Artinya

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 21 Mei 2022 19:30 WIB
Doa qunut dapat dibacakan saat salat Subuh atau bisa juga tidak. Berikut doa qunut Subuh versi pendek dan terjemahannya agar mudah dihafal. Ilustrasi. Doa qunut dapat dibacakan saat salat Subuh atau bisa juga tidak. Berikut doa qunut Subuh versi pendek dan terjemahannya agar mudah dihafal. (iStock/Tinnakorn Jorruang)
Jakarta, CNN Indonesia --

Doa qunut Subuh biasa dibaca ketika mengerjakan salat. Dalam bahasa Arab, qunut memiliki banyak arti di antaranya adalah doa, baik doa untuk kebaikan ataupun doa untuk keburukan.

Mengutip buku "Kupas Tuntas Qunut Subuh" oleh M. Abdul Wahab, Lc, qunut Subuh menurut jumhur atau mayoritas ulama, baik dari kalangan sahabat, tabi'in dan imam-imam mujtahidin hukumnya adalah sunah.


Dengan demikian, doa qunut dapat dibacakan saat salat Subuh atau bisa juga tidak.

Meskipun doa qunut tidak dibaca, salatnya tetap dinilai sah. Sebab qunut subuh bukan termasuk dalam rukun salat dan hukum membacanya adalah sunah.

Seperti yang dijelaskan menurut pendapat Imam Abu Hanifah mengatakan bahwa qunut adalah bagian dari sunah, apabila tidak dibaca tidak mendapat dosa.


Doa Qunut Subuh

ilustrasi salatIlustrasi. Doa qunut Subuh pendek dan terjemahannya agar mudah dihafal. (istockphoto/CiydemImages)

Terlepas dari hukumnya yaitu sunah, doa qunut Subuh tetap bisa Anda sisipkan pada saat salat. Berikut bacaan qunut versi pendek dan artinya agar mudah untuk menghafalnya.


للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ
مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahhummahdinii fiiman hadait, wa'a finii fiman 'aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a'thait, wa qinii syarra maa qadhait.

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya'izzu man 'aadait, tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.

Falakalhamdu 'alaa maaqadhait. Astagfiruka wa'aatuubu ilaik. Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi wasallam.

Artinya: "Ya Allah tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun, dan perliharalah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada mereka dan selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan."

"Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan yang kena hukum, maka sesungguhnya tidaklah hina pada mereka orang yang Engkau pimpin dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi, Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau."

"Maka bagi Engkau segala puji atas yang Engkau hukumkan, Aku mohon ampun kepada Engkau dan Aku bertaubat kepada Engkau dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya."

Itulah doa qunut Subuh yang dapat Anda bacakan di rakaat kedua salat sebelum menutupnya dengan salam.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER