7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banyuwangi untuk Dibawa Pulang

tim | CNN Indonesia
Minggu, 29 Mei 2022 16:00 WIB
Berwisata ke Banyuwangi kurang lengkap apabila tidak membawa oleh-oleh khas setempat. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa menjadi pilihan. Berwisata ke Banyuwangi kurang lengkap apabila tidak membawa oleh-oleh khas setempat. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa menjadi pilihan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berwisata ke Banyuwangi kurang lengkap rasanya apabila tidak membawa oleh-oleh khas setempat. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa menjadi pilihan.

Banyuwangi merupakan kota yang berada di ujung timur Pulau Jawa. Kota ini memiliki beragam tempat wisata yang menawan mulai dari gunung, laut, hingga pantainya.


Di samping terkenal dengan keindahan alamnya, Banyuwangi juga menawarkan beragam makanan hingga kerajinan yang bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk orang tercinta di rumah.

Jika Anda menyempatkan diri berkunjung ke kabupaten terluas di Jawa Timur ini, luangkan waktu untuk membeli oleh-oleh khas Banyuwangi. Berikut daftarnya.

1. Kopi Osing

Ilustrasi kopiKopi Osing Kemiren adalah salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi (iStock/Davizro)

Banyuwangi merupakan salah satu kota dengan penghasil kopi terbaik di Indonesia. Di Banyuwangi anda akan menemukan berbagai jenis kopi dengan cita rasa yang khas seperti Kopi Kemiren, Kopi Lanang, Kopi Pingit, atau Kopi Seblang.

Dari beberapa jenis kopi yang ada di Banyuwangi, kopi Kemiren menjadi salah satu kopi terbaik khas Banyuwangi. Kopi ini berasal dari suku Osing Kemiren Banyuwangi.

Kopi Kemiren atau yang biasa dikenal dengan kopi Osing merupakan kopi kebanggaan masyarakat Banyuwangi. Cara pengolahannya cukup unik yaitu dengan cara disangrai di wajan yang berbahan dasar tanah liat dan di bakar di atas tungku kayu.


2. Kue bagiak

Kue bagiak terbuat dari tepung kanji atau tepung sagu yang diberi campuran garam, susu, telur, rempah dan bahan perasa lainnya.

Kue ini dimasak dengan cara dipanggang di oven sehingga memiliki tekstur garing pada bagian pinggirnya. Rasa dari kue bagiak ini gurih dan manis.

Selain manis, kue bagiak saat ini tersedia dalam berbagai variasi rasa, seperti cokelat, stroberi, dan madu yang tidak kalah nikmat.


3. Ladrang sabrang

Ladrang sabrang merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi berikutnya yang wajib dicoba. Camilan ini memiliki beberapa variasi rasa seperti asin dan manis tergantung dari bahan dasar pembuatannya.

Untuk Ladrang manis biasanya menggunakan labu, sedangkan ubi ungu sering dibuat menjadi ladrang rasa asin. Jajanan ini berbentuk panjang seperti stik dengan tekstur yang renyah.

Camilan Ladrang juga mengandung kolin, beta karoten, dan serat. Bagi Anda yang sedangan menjalani program diet, ladrang bisa menjadi camilan lantaran mengandung serat dan nutrisi lainnya.


Oleh-oleh khas Banyuwangi, lanjut sebelah...

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER