Pandemi Terkendali, Singapura Kembali Gaet Wisatawan Indonesia

Singapore Tourism Board | CNN Indonesia
Jumat, 27 Mei 2022 17:21 WIB
Pasca pandemi Covid-19 yang telah bergeser menjadi endemi, Singapura sudah kembali membuka diri untuk wisatawan, termasuk wisatawan asal Indonesia. Singapore Tourism Board (STB) pun menyiapkan berbagai strategi untuk menangkap kembali kunjungan wisatawan dari Indonesia pasca pandemi. (Foto: Singapore Tourism Board & Wildlife Reserves Singapore Group)
Jakarta, CNN Indonesia --

Singapura telah kembali bersiap menyambut wisatawan asal Indonesia, setelah negeri itu kembali membuka diri bagi pengunjung yang sudah melengkapi vaksinasi penuh tanpa persyaratan karantina dan tes Covid-19.

Singapore Tourism Board (STB) pun menyiapkan berbagai strategi untuk menangkap kembali kunjungan wisatawan dari Tanah Air. Salah satunya dengan menggelar roadshow ke berbagai daerah di Indonesia.

"Kita akan mengadakan roadshow mulai Agustus dengan menghadirkan stakeholder dari Singapura," ujar Manager International STB Indonesia, Indriati Permanasari dalam acara Launch of SingapoReimagine, Selasa (24/5/2022).


Selain menggelar roadshow, pihak Singapore Tourism Board juga akan menghadirkan aktivasi bagi pelanggan, sekaligus edukasi dan update terkini mengenai negeri jiran tersebut.

"Kami tentunya juga merasa penting untuk senantiasa melakukan edukasi mengenai Singapura, baik untuk partner maupun untuk masyarakat. Jadi kami akan tetap melakukan langkah-langkah yang memberikan edukasi kepada masyarakat," imbuhnya.

Kemudian, pihaknya juga akan mendorong kunjungan wisatawan lewat bidang meeting, incentive, convention, dan exhibition atau (MICE) lewat insentif yang ada. STB juga akan melakukan content partnership dengan berbagai pihak, termasuk kampanye SingapoReimagine bersama Traveloka dan Trans Digital Media.

Menurut dia, content partnership merupakan hal yang penting sebagai upaya penyampaian informasi secara berkesinambungan bagi masyarakat di Indonesia tentang perkembangan yang terjadi di Singapura.

"Di content partnership ini, kita bekerja sama dengan media untuk menginformasikan apa-apa yang menarik dan seru di Singapura. Partnership ini akan ditandai dengan penandatanganan MoC [memorandum of cooperation] dengan Traveloka dan Trans Digital Media. Tujuannya untuk menyambut wisatawan Indonesia," katanya.

Adapun, SingapoReimagine merupakan kampanye pemulihan pariwisata dari Singapura. Kampanye ini bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaru bagi wisatawan sekaligus mendorong jumlah kunjungan wisatawan ke Singapura.

Executive Director Southeast Asia STB John Conceicao mengatakan, dalam kampanye pemilihan pariwisata SingapoReimagine, pihaknya meningkatkan upaya upaya untuk mempertahankan Singapura sebagai destinasi utama bagi masyarakat Indonesia.

"Melalui kemitraan dengan Traveloka dan Trans Digital Media, kami berharap dapat menarik minat wisatawan Indonesia dengan berbagai penawaran menarik seperti paket penerbangan dan hotel serta penawaran gaya hidup lainnya untuk mendorong dan mempertahankan jumlah kunjungan hingga tahun depan," kata dia.

Assistant Chief Executive Officer STB Juliana Kua menyebutkan, Bersama dengan Trans Digital Media, pihaknya akan menghadirkan 360o campaign untuk mempromosikan Singapura sebagai destinasi wisata sekaligus menarik minat wisatawan Indonesia.

"Melalui kerja sama ini, kami menyatakan bahwa Singapura telah dibuka dan siap untuk menyambut wisatawan kembali," jelasnya.

President Director Trans Digital Media Abdul Aziz menyambut baik kerja sama ini. Ia melihat minat masyarakat telah meningkat untuk berwisata kembali pasca pandemi. Hal itu dikarenakan situasi global yang berangsur membaik dan memungkinkan perjalanan lebih aman.

"Kami sangat antusias atas kerja sama dengan STB untuk memperkuat daya tarik penawaran pariwisata Singapura ke pasar Indonesia," pungkasnya.

Chief Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana berharap kerja sama ini dapat mendorong minat masyarakat untuk beragam penawaran liburan ke Singapura di lima pasar kawasan Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

"Sebelum pandemi, Singapura secara konsisten berada di antara tiga tujuan wisata teratas bagi orang Indonesia, dan kami berharap kemitraan ini dapat melanjutkan momentum dan membangkitkan semangat masyarakat Indonesia untuk berwisata ke Singapura," ungkap dia.

Dalam SingapoReimagine, STB juga menggandeng selebriti Indonesia untuk mempromosikan beragam sisi kota Singapura mulai dari atraksi terbaru, konsep kuliner, hingga retret kesehatan, dan pengalaman berkelanjutan. Mereka antara lain Sarah Sechan, Marissa Nasution, dan Denada Tambunan.

Berbagai pengalaman destinasi terbaru yang disiapkan Singapura, antara lain wahana panorama udara terbuka dan tertinggi SkyHelix Sentosa, Museum of Ice Cream, Marvel Universe di Madame Tussauds Singapura, Tropical Montance Orchidetum di National Orchid Garden, dan Ice Hotel Galley di Snow City.

(aor/aor)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER