6 Wisata Candi di Magelang yang Wajib Dikunjungi Selain Borobudur

CNN Indonesia
Sabtu, 11 Jun 2022 18:03 WIB
Borobudur bukan satu-satunya candi yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ada beberapa wisata candi di Magelang lainnya yang wajib dikunjungi. Ilustrasi. Ada beberapa wisata candi di Magelang selain Borobudur. (ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tak cuma punya Candi Borobudur. Ada beberapa wisata candi lain di Magelang yang tak kalah menarik.

Dalam beberapa waktu belakang, nama Candi Borobudur mendadak banyak diperbincangkan. Gara-garanya adalah rencana pemerintah untuk menaikkan harga tiket naik ke bangunan candi, yang kemudian pembahasannya ditunda akibat banyaknya protes.

Pesona magis Candi Borobudur memang tak bisa ditolak. Wajar saja jika candi yang dibangun pada pemerintahan Dinasti Syailendra ini menjadi salah satu keajaiban dunia.


Bangunan berundak yang dipenuhi relief dan deretan stupa itu menjadi daya tarik yang paling bikin wisatawan kepincut. Belum lagi sejarahnya yang tak kalah epik.

Wisata Candi di Magelang

Namun, Borobudur bukan satu-satunya candi di Magelang. Ada banyak candi-candi lain yang tak kalah menarik dan patut dikunjungi.

Berikut beberapa rekomendasi wisata candi di Magelang, selain Borobudur.

1. Candi Mendut

Sejumlah Biksu membawa kendi berisi air suci yang diambil dari Umbul Jumprit Temanggung melakukan pradaksina atau berjalan mengelilingi candi saat prosesi penyemayaman Air Suci Waisak di Candi Mendut,  Magelang, Jawa Tengah, Senin (8/5). Posesi penyemayaman air suci yang menjadi simbol pembersih diri dan sumber kehidupan itu merupakan rangkaian perayaan Hari Raya Waisak 2561 BE. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/nz/17.Candi Mendut, rekomendasi wisata candi di Magelang selain Borobudur. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Candi Mendut terletak di Jalan Mayor Kusen, Magelang atau sekitar 3 km dari Candi Borobudur.

Berdasarkan peninggalan prasasti Karangtengah, pada masa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra, dibangun sebuah bangunan suci.

Seperti dikutip dari laman Visit Jawa Tengah, arkeolog Belanda J.G. de Casparis menghubungkan bangunan suci yang disebut dalam prasasti dengan Candi Mendut.

Candi Mendut berbentuk segiempat berukuran 10 x 10 meter dan tinggi 13,3 meter. Candi memiliki lukisan relief yang menggambarkan cerita berdasarkan ajaran Buddha.

2. Candi Pawon

Pawon Temple, Borobudur Temple Compounds, Java, IndonesiaCandi Pawon, salah satu rekomendasi wisata candi di Magelang. (iStockphoto/lrosebrugh)

Terletak sekitar 1,75 km dari Candi Borobudur, Candi Pawon diperkirakan dibangun pada abad 8-9 M sebagai tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra.

Para ahli berpendapat, candi yang terletak di Dusun Brojonalan, Kelurahan Wanurejo, Kecamatan Borobudur ini merupakan pintu gerbang Candi Borobudur. Candi Pawon berfungsi sebagai tempat membersihkan badan dan pikiran.

Simak wisata candi di Magelang lainnya di halaman berikutnya..

Wisata Candi di Magelang yang Wajib Dikunjungi Selain Borobudur

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER