6 Makanan yang Bisa Dilahap Sepuasnya Tanpa Takut Badan Melar

CNN Indonesia
Minggu, 12 Jun 2022 09:12 WIB
Ada beberapa makanan yang tidak menaikkan berat badan meski dikonsumsi dalam jumlah banyak. Berikut diantaranya. Ilustrasi. Kentang rebus, salah satu makanan yang tidak menaikkan berat badan. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Makan apapun tanpa harus memikirkan kenaikan berat badan tentu menjadi impian semua orang. Tapi sayangnya, makanan kerap kali dianggap menjadi biang kerok kenaikan berat badan.

Walau begitu, ada beberapa makanan yang tidak menaikkan berat badan.

Deretan makanan ini terbilang sehat dan tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap berat badan meskipun dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Anda bisa menjadikan makanan-makanan tersebut sebagai camilan atau sajian utama sehari-hari.

Makanan yang Tidak Menaikkan Berat Badan

Berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi sepuasnya tanpa harus khawatir jarum timbangan akan bergeser terus ke arah kanan.

1. Kentang rebus

Kentang rebus memiliki kandungan gizi yang cukup besar. Selain itu, mengutip NDTV, kentang rebus juga mengandung pati resisten yang bertindak seperti serat larut dan membantu membuat Anda kenyang lebih lama.

Mendinginkan dan memanaskan kembali kentang meningkatkan kandungan pati resistennya. Sebagai hasilnya, kentang bekerja lebih baik dalam menekan rasa lapar.

2. Telur

Close up of caucasian woman breaking egg and making sunny side up eggs. Domestic kitchen interior. Breakfast preparation.Ilustrasi. Telur, salah satu makanan yang tidak menaikkan berat badan. (iStockphoto/dusanpetkovic)

Makanan yang tidak menaikkan berat badan lainnya adalah telur. Jadi, jangan khawatir saat mengonsumsi telur.

Telur sangat sehat dan membawa semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Telur juga merupakan salah satu makanan yang paling bergizi.

Faktanya, setengah dari protein dalam satu telur ada di kuningnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan telur untuk sarapan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari.

Namun, perhatikan juga kadar kolesterol yang dimiliki telur. Batasi konsumsi telur setidaknya satu butir per hari.

3. Ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega 3 dan protein yang membantu menjaga orang gemuk tetap kenyang lebih lama. Pada indeks rasa kenyang, ikan menempati peringkat lebih tinggi daripada makanan berprotein tinggi lainnya.

4. Anggur

Dikutip dari laman APWU Health Plan, anggur beku bisa menjadi camilan yang enak dan bergizi. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk memuaskan hasrat akan rasa manis hanya dengan sedikit kalori.

Jika anggur bukan pilihan Anda, cobalah pisang beku yang ditaburi satu sendok makan sirup cokelat.

5. Alpukat

Alpukat padat nutrisi dan menjadi sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung.

6. Popcorn

Sebagai gandum utuh yang secara alami tinggi serat dan rendah lemak, popcorn adalah camilan bebas gluten. Anda bisa menambahkan cokelat pahit yang meleleh di atas popcorn agar terasa lebih nikmat.

Popcorn jadi salah satu makanan yang tidak menaikkan berat badan. Anda bisa mengonsumsinya sebagai camilan harian.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER