Turis ke AS Tak Perlu Lagi Tes PCR Covid-19

tim | CNN Indonesia
Kamis, 16 Jun 2022 10:00 WIB
Amerika Serikat mengumumkan tak perlu lagi tes swab PCR covid-19 untuk turis yang datang ke negeri Paman Sam. Amerika Serikat mengumumkan tak perlu lagi tes swab PCR covid-19 untuk turis yang datang ke negeri Paman Sam. (Thinkstock/Ingram Publishing)
Jakarta, CNN Indonesia --

Amerika Serikat mengumumkan tak perlu lagi tes swab PCR covid-19 untuk turis yang datang ke negeri Paman Sam. Aturan ini berlaku jika turis datang ke AS dengan naik pesawat.

Pemerintahan Biden diperkirakan akan mengumumkan Jumat bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan AS (CDC) akan mencabut persyaratannya bagi para pelancong untuk dites negatif untuk Covid-19 sebelum memasuki AS, menurut seorang pejabat senior administrasi dan Pusat Penyakit AS. Petugas Pengendalian dan Pencegahan.

Aturan ini diberlakukan sejak penerbangan ke AS pada tengah malam di hari Minggu.


Langkah ini merupakan sebuah langkah besar dalam pencabutan pembatasan pandemi secara bertahap di negara itu.


"Pandemi Covid-19 kini telah bergeser ke fase baru, karena meluasnya penggunaan vaksin Covid-19 yang sangat efektif, ketersediaan terapi yang efektif, dan peningkatan tingkat penularan yang tinggi. kekebalan yang disebabkan oleh vaksin dan infeksi pada tingkat populasi di Amerika Serikat. Masing-masing tindakan ini telah berkontribusi pada penurunan risiko penyakit parah dan kematian di seluruh Amerika Serikat," ungkap CDC kepada CNN.

Hal ini dikonfirmasi oleh Asisten Sekretaris Pers Gedung Putih Kevin Munoz melalui Twitter. Mengutip AFP, media AS mengatakan tindakan itu akan berakhir akhir pekan ini setelah lobi kuat dari industri perjalanan.

"Kami yakin kami telah membuat kemajuan yang perlu kami buat dalam menerapkan protokol di sekitar Covid sehingga kami dapat mencabut persyaratan ini," kata penasihat ekonomi kepresidenan Brian Deese kepada CNBC.

"Saya pikir itu akan menjadi kabar baik untuk perjalanan bisnis, kabar baik untuk perdagangan dan perusahaan Amerika juga."

Dengan ekonomi AS yang dilanda inflasi yang meroket, sektor perjalanan menyambut baik langkah tersebut.

"Industri penerbangan menghargai keputusan administrasi untuk mencabut persyaratan pengujian pra-keberangkatan sesuai dengan lingkungan epidemiologi saat ini," kata federasi industri Airlines 4 America dalam sebuah pernyataan.

"Mencabut kebijakan ini akan membantu mendorong dan memulihkan perjalanan udara ke Amerika Serikat... Kami sangat ingin menyambut jutaan pelancong yang siap datang ke AS untuk liburan, bisnis, dan reuni dengan orang-orang terkasih."

Sebelumnya semua penumpang harus menunjukkan tes virus Covid-19 negatif yang diambil sesaat sebelum perjalanan - atau bukti telah pulih dari virus dalam 90 hari terakhir - sebelum naik ke pesawat.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER