Cara Mudah Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

CNN Indonesia
Minggu, 19 Jun 2022 12:30 WIB
Mengubah warna rambut kini bisa dilakukan sendiri dengan mudah di rumah. Berikut cara mudah mewarnai rambut sendiri anti gagal. Ilustrasi. Mengubah warna rambut kini bisa dilakukan sendiri dengan mudah di rumah. Berikut cara mudah mewarnai rambut sendiri anti gagal. (iStockphoto/gpointstudio)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mengubah warna rambut kini bisa dilakukan sendiri dengan mudah di rumah. Selain lebih hemat, peralatan semir pun kini mudah didapat untuk memudahkan proses pewarnaan rambut.

Jika Anda ingin mewarnai rambut namun memiliki waktu dan dana yang terbatas untuk pergi ke salon, jangan khawatir. Berikut cara mewarnai rambut sendiri di rumah, khususnya bagi Anda yang baru kali pertama mencoba menyemir.


Mewarnai rambut menjadi tren masa kini yang dilakukan oleh banyak orang baik perempuan maupun laki-laki. Tren mewarnai rambut ini pun tak mengenal usia, tidak hanya dilakukan oleh anak muda saja namun juga dilakukan oleh orang tua.


Cara Mewarnai Rambut Sendiri

Pink Vibrant Hair Dye Coloring brush Close UpIlustrasi. Cara mewarnai rambut sendiri mulai dari tahap persiapan hingga proses pewarnaan. (iStockphoto/AlenaPaulus)

Sebelum memulai untuk mewarnai rambut, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan hal-hal berikut, mulai dari tahap persiapan hingga proses pewarnaan rambut.

1. Siapkan alat semir rambut

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mewarnai rambut yaitu mempersiapkan alat dan bahannya. Alat yang dibutuhkan untuk mewarnai rambut berupa mangkuk kecil, kuas, dan sarung tangan untuk melindungi kulit terkena cat semir.


2. Sediakan krim bleaching

Cairan atau krim bleaching ini bersifat optional, Anda bisa menggunakannya dan bisa juga tidak. Jika ingin mendapatkan hasil warna rambut yang lebih terang maksimal, bisa menggunakan bleaching.


3. Tentukan warna semir rambut

Sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut, pastinya Anda harus tahu terlebih dahulu warna yang akan dipilih untuk rambut.

Jika sudah menemukan warna yang diinginkan usahakan untuk memilih cat semir yang bebas dari amonia agar lebih aman dan tidak merusak kutikula rambut.

4. Lakukan patch test

Tahapan ini dilakukan untuk mengetahui apakah cat rambut yang akan digunakan cocok dengan kulit Anda atau tidak. Tujuannya agar mengurangi risiko alergi hingga iritasi pada kulit setelah pemakaian.

Caranya cukup dengan mengoleskan sedikit cat rambut ke area belakang telinga Anda dengan menggunakan cotton bud kemudian diamkan selama kurang lebih 48 jam.

Jika muncul tanda-tanda alergi pada kulit, segera bilas dengan air bersih. Namun jika dirasa baik-baik saja tanpa keluhan, Anda bisa melanjutkan ke tahap pewarnaan rambut.


5. Keramas dua hari sebelumnya

Rambut yang tidak terlalu bersih merupakan kondisi yang paling baik untuk mewarnai rambut. Idealnya, cuci rambut satu atau dua hari sebelum mengecat rambut agar warna cat bertahan lebih lama.

Sebaiknya tidak disarankan keramas tepat sebelum mengecat rambut. Sebab, rambut yang bersih setelah dicuci justru akan memberi efek licin dan mengurangi lapisan minyak alami rambut. Hal ini malah akan membuat warna cat sulit menempel pada helai rambut.


6. Lanjutkan proses pewarnaan rambut

Apabila semua tahapan di atas telah dilakukan, Anda bisa melanjutkan proses penyemiran sendiri, seperti berikut.

  • Campurkan bahan cat rambut dengan sedikit air ke dalam sebuah mangkuk yang telah disiapkan, usahakan jangan terlalu encer. Setelah itu, aduk hingga merata.
  • Gunakan kain untuk menutupi baju dan leher. Tujuannya agar tidak terkena cairan cat saat proses mewarnai rambut. Jangan lupa menggunakan sarung tangan untuk melindungi kulit dari cairan cat rambut.
  • Kemudian bagi rambut menjadi beberapa bagian dengan menggunakan sisir dan jepit. Semakin tebal rambut, semakin banyak bagian rambut yang dipilah.
  • Selanjutnya, ambil sedikit demi sedikit cairan cat rambut dengan kuas.
  • Setelah itu, warnai rambut dengan kuas secara vertikal mulai dari ujung bawah hingga ke bagian pangkal helai demi helai, lalu ratakan dengan dua jari seperti sedang menjepit.
  • Mengecat rambut sebaiknya memang dilakukan dari bawah ke atas. Sebab rambut di bagian akar cenderung lebih cepat menyerap pigmen warna. Apabila dilakukan sebaliknya, hasil semir rambut Anda nantinya dapat terlihat belang. 
  • Lakukan hal yang sama ke seluruh bagian rambut dengan melepaskan jepitan rambut satu per satu.
  • Setelah rambut sudah diwarnai secara merata tutup dengan menggunakan shower cap dan diamkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan sampo dan air bersih hingga seluruh residu catnya hilang.

Demikian tips cara mewarnai rambut sendiri yang dapat Anda coba di rumah. Semoga membantu.

(mrs/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER