5 Rekomendasi Tempat Wisata saat HUT Jakarta

CNN Indonesia
Rabu, 22 Jun 2022 08:50 WIB
Untuk ikut merayakan hari jadi ibu kota di tahun ini, Anda bisa menjelajah beberapa tempat wisata saat HUT Jakarta yang bersejarah. Untuk ikut merayakan hari jadi ibu kota di tahun ini, Anda bisa menjelajah beberapa tempat wisata saat HUT Jakarta yang bersejarah. (Dok. Kemenpar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta jatuh pada Rabu ini (22/6). Untuk ikut merayakan hari jadinya tahun ini, Anda bisa menjelajah beberapa tempat wisata saat HUT Jakarta yang bersejarah.

Jakarta yang usianya sudah terbilang tua ini memiliki kisah sejarah yang cukup panjang.

Ada banyak tempat-tempat penting yang sebelumnya menjadi saksi bisu sampai Jakarta ini berdiri dijadikan ibu kota seperti sekarang.



Tempat Wisata saat HUT Jakarta

Bersama Jakarta Good Guide mengeksplorasi Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bahari, Menara Syahbandar, Gedung Galangan VOC, Kerta Niaga, dan Gedung Olveh, Minggu (1/4).Rekomendasi tempat wisata yang sarat nilai sejarah saat HUT DKI Jakarta ke-495. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat momen ulang tahun Jakarta.

1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Destinasi pertama ada pelabuhan Sunda Kelapa yang terletak di kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Pada masa kekuasaan Hindu Pajajaran, Sunda Kelapa adalah pusat perdagangan tersibuk sekaligus tempat singgah kapal-kapal besar dari berbagai negara untuk bertukar komoditas.

Saat ini pelabuhan Sunda Kelapa menjadi salah satu tempat berwisata yang sering dikunjungi wisatawan lokal sampai mancanegara.

Selain melihat-lihat jejak suasana zaman dahulu, Anda juga dapat menjelajah museum-museum di sekitarnya untuk bernostalgia sambil mempelajari sejarahnya.

Masuk ke pelabuhan Sunda Kelapa gratis. Terkecuali jika Anda masuk ke area museum akan dikenakan biaya tersendiri dan dengan tarif bervariasi.


2. Kota Tua

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan sambutan pada acara penandatanganan perjanjian pokok tentang pembentukan perusahaan patungan pengelola kawasan Kota Tua di halaman Museum Fatahillah, Jakarta, Rabu (28/4/2021). Kolaborasi ini bertujuan untuk membangkitkan kawasan Kota Tua-Sunda Kelapa menjadi destinasi wisata kelas dunia. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.Kawasan Kota Tua merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata saat HUT DKI Jakarta ke-495.  (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Tempat wisata saat HUT Jakarta selanjutnya ada kawasan Kota Tua atau nama lainnya Old Batavia. Lokasinya melintasi wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Suasana di Kota Tua ini masih sangat kental akan budaya ala Eropa yang bisa Anda lihat sendiri dari bangunan-bangunan di sekitarnya.

Pada masa kekuasaan Belanda, Batavia memang dirancang memiliki tata kota seperti negara kincir angin yang memiliki bangunan blok dan dipisahkan dengan kanal.

Jika berkunjung ke Kota Tua Anda bisa mampir ke kafe Batavia yang fenomenal untuk mencicipi aneka hidangan khas nusantara.

Jangan lupa berkunjung ke berbagai museum di sekitar, ada museum Fatahillah, museum wayang, museum Bank Indonesia, dan banyak lagi, atau sebatas sewa sepeda ontel.


Tempat wisata saat HUT Jakarta lainnya, lanjut sebelah...

Rekomendasi Tempat Wisata saat HUT Jakarta

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER